Sunday, 12 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Berencana Memindahkan Pusat Pemerintahannya ke Bogor Barat

Pemkab Bogor Berencana Memindahkan Pusat Pemerintahannya ke Bogor Barat

BOGORDAILY – Rencana Pemerintah Kota Bogor untuk memindahkan pusat pemerintahannya mulai menulari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Bupati Bogor, Ade Yasin memberi sinyal untuk menggeser calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat dari Kecamatan Cigudeg ke wilayah Kecamatan Rumpin, yang berbatasan dengan dengan Kota Tangerang Selatan, Banten.

Kata Ade, Rumpin jauh lebih strategis ketimbang Cigudeg dalam hal pengembangan wilayah. Diketahui, Cigudeg saat ini berada dalam zona merah rawan bencana, terutama tanah longsor. Seperti terjadi awal tahun 2020.

“Rumpin ini kawasan yang sangat strategis. Sebelah utara berbatasan dengan Tangsel, di barat berbatasan dengan Parungpanjang. Kemudian di timur berbatasan dengan dengan Ciseeng dan di selasatan berbatasan dengan Leuwiliang,” kata Ade Yasin, Kamis (13/8).

Sehingga, kata Ade, hal ini dianggap sangat potensial untuk menjadi kawasan unggulan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor, jika telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Di Rumpin juga terdapat situ seluas 2,7 hektare dan sejumlah mata air yang berfungsi sebagai resapan air dan bisa dimanfaatkan untuk pertanian, perikanan dan pariwisata,” jelasnya.

Selain itu, Rumpin merupakan lokasi Pusat Teknologi Penerbangan Lembanga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan, Balai Diklat Kehutanan dan Markas Komando Detasemen Bravo TNI.

“Pembentukan DOB kan kebutuhan. Jadi memang harus mengedepankan potensi yang dimiliki. Baik dari sumber daya manusia, sumber daya alam, ekonomi, hingga keamanan sehingga DOB jadi maksimal,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here