Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaPenegasan Anji Tak Cuma Bikin Kontroversi di Tengah Pandemi Corona

Penegasan Anji Tak Cuma Bikin Kontroversi di Tengah Pandemi Corona

BOGORDAILY –  bikin heboh tiga kali di masa pandemi corona. Baru-baru ini, sang musisi juga harus berurusan dengan hukum setelah mengunggah video bersama Hadi Pranoto.

Dalam video yang diunggah di YouTube itu, Hadi Pranoto mengenalkan diri sebagai pakar mikrobiologi sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19.

Hadi Pranoto mengatakan, sudah 20 tahun meneliti virus yang tergolong dalam keluarga virus Corona itu. Namun pada awal COVID-19 muncul di Wuhan, Cina, antibodi itu langsung diproduksi.

Antibodi tersebut terbuat dari bahan herbal. Ada beberapa jenis kandungan yang terdapat di dalamnya yang diklaim bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi COVID-19. Semua bahannya bakunya pun berasal dari Indonesia.

dan Hadi Pranoto dilaporkan atas dugaan tindak pidana ITE dan atau menyebarkan berita bohong sebagaimana Pasal 28 ayat (1) Jo Pasal 45A UU RI Nomor 19 Tahun 2016 dan atau Pasal 14 dan 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Mereka dilaporkan oleh CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid. Laporan itu tertuang dalam Laporan Polisi LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. tanggal 3 Agustus 2020.

Kontroversi juga terjadi setelah berkicau tentang masker. Ia meminta publik untuk mencari artikel yang membahas bahaya memakai masker terlalu lama.

“Pro kontra penyebab meninggalnya seorang yang sedang bersepeda. Karena masker atau jantung. Apapun penyebabnya, tetap JANGAN MEMAKAI MASKER saat kamu olahraga. Cari artikel yang membahas bahaya memakai masker terlalu lama atau untuk olahraga,” kicau di akun Twitternya, @duniamanji.

Banyak netizen yang mempertanyakan kicauan tersebut. Tak sedikit yang meragukan saran itu.

“Mending untuk case ini nurut sama saran dokter aja ya gengs, bukan saran penyanyi,” tulis netizen.

Kemudian, membalas komentar tersebut. Ia menyebut apa yang ditulisnya itu merupakan hasil dari beberapa jawaban dokter dalam banyak tulisan.

“Yang saya omongin itu adalah omongan Dokter yang saya pelajari dari banyak tulisan,” jawabnya.

“Sama halnya dengan ketakutan yg mas sebarin agar orang tidak pakai masker ini?” tulis netizen.

“Saya tidak pernah menulis dan bicara di manapun bahwa saya tidak percaya akan adanya Covid-19. Saya menekankan pada ketakutan yang disebarkan oleh pemberitaan, sangatlah berlebihan,” jawab .

“Untuk posting-an terkait opini, biasanya saya tidak pernah menghapusnya. Namun untuk menghormati Joshua dan PFI, saya akan menghapusnya setelah postingan ini,” ucap dalam postingan Instagramnya.Selain itu, ungkapan soal foto jenazah COVID-19 karya fotografer Joshua Irwandi juga kembali menuai pro dan kontra. Gara-gara itu, lantas minta maaf, lalu hapus postingannya.

“Saya juga mau meralat sedikit pernyataan tertulis dari PFI, yang menuliskan saya MANTAN ARTIS. Memang saya berencana untuk pensiun dini dan dunia keartisan dan mengurus bisnis-bisnis saya. Tapi belum hari ini..,” sambungnya.

“Di sini pertanyaan saya menyangkut kepada kode etik dunia kesehatan, bukan kode etik jurnalisme. Karena menurut pemberitaan, korban COVID-19 tidak boleh ditemui oleh keluarganya. Ini adalah pertanyaan orang awam,” tulisnya.

Ternyata tak cuma bikin kontroversi selama pandemi corona. juga punya cukup banyak karya yang bersuara untuk support tenaga medis.

“Sejak awal pandemik saya bersuara tetang keprihatinan dan juga support saya terhadap tenaga kesehatan dan juga masyarakat. Baik saya tuangkan di dalam postingan-postingan media sosial, maupun lagu,” ungkap Anji.

“Saya terlibat dalam 4 lagu yang didedikasikan untuk tenaga kesehatan dan juga untuk masyarakat Indonesia. Tentang bagaimana menjaga jarak, bagaimana kita menyatukan suara dan lain-lain. Saya juga terlibat dalam konser peduli pandemi dan juga donasi bersama banyak musisi di dalam konser #DiRumahAja,” bebernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here