Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorPilkades Serentak Akhir 2020, DPMD Kab. Bogor Usulkan Rp15 Miliar

Pilkades Serentak Akhir 2020, DPMD Kab. Bogor Usulkan Rp15 Miliar

BOGOR DAILY – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) memastikan, bahwa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan akhir tahun 2020.

Kepala DPMD , Ade Jaya Munadi mengatakan, jelang akhir tahun 2020 pihaknya akan mengajukam anggaran ke pemerintah daerah sebesar Rp15 miliar.

Ade sapaan akrabnya menjelaskan, anggaran sebesar itu mengacu pada jumlah daftar pemilih setiap desa. Data sementara, saat ini tercatat jumlah pemilih sekitar 740 ribu orang di 88 desa tersebar di 34 kecamatan se-.

“Itu sementara ya. Itu acuannya dari data pemilih pada Pilkada 2018. Kita sedang menunggu data dari disukcapil juga, terus nanti ada verifikasi lagi di setiap desa. Jadi anggaran yang dicairkan sesuai jumlah pemilih untuk panitia pemilihannya,” ucapnya.

2020 di akan diikuti 88 desa di 34 kecamatan. Dari Jumlah itu, 66 kades berakhir masa jabatannya tahun ini dan 22 desa berakhir Januari 2021.

“Kita sudah dapat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menggelar Pilkades pada 20 Desember. Mudah-mudahan tidak ada perubaha. Untuk anggarannya kita akan ajukan dalam APBD Perubahan,” tukasnya.

Sementara Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan memastikan, bahwa akan dilaksanakan pada 20 Desember 2020 nanti. Hal itu jika tidak ada kendala dikedepan harinya.

“Kita sudah buat tim dan itu pak Sekda yang pimpin semua diminta pendapat, menyikapi kemendagri, pemkab niat kita adalah menggelar . Tapi kita masih lihat perkembangannya, setelah Pilkada 19 Desember, dan Pilkades 20 Desember, karena signal dari Kemendagri sudah ada,” tutupnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here