Friday, 19 April 2024
HomeBeritaPokwan DPRD Kab. Bogor Bahas Etika Fotografi

Pokwan DPRD Kab. Bogor Bahas Etika Fotografi

BOGOR DAILY – Ruang Jurnalis Kelompok Wartawan (Rujukan) DPRD Kabupaten Bogor kembali melakukan diskusi dengan tema ‘Etika '.

Acara diskusi yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Bogor itu menghadirkan narasumber dari Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat periode 2015-2019, Robinsar Opak.

“Pewarta, baik foto dan tulis, tidak ada salahnya untuk memperkaya wawasan dengan batasan-batasan yang diatur dalam Undang-Undang Pers, serta etika yang berlaku pada tempat-tenpat tertentu,” kata Robinsar Opak, Jumat (28/8/2020).

Menurutnya, produk jurnalistik tetap harus terus dipertajam. Namun, hak-hak wartawan maupun objek pemberitaan tetap harus dijaga.

“Tidak melulu kepuasan soal berkarya. Tapi kita lihat sisi yang lebih luas, terutama menghargai sesama manusia,” jelasnya.

Sementara Ketua Pokwan DPRD Kabupaten Bogor, Saeful Ramadan menuturkan, Rujukan merupakan forum diskusi untuk meningkatkan kompetensi berkaitan dengan regulasi dan teknis jurnalistik anggota Pokwan.

“Ini merupakan kegiatan internal rutin Pokwan setiap bulan, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten membahas materi diskusi. Kegiatan ini bersifat independen, non-partisan dan digelar secara swadaya,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here