Sunday, 29 September 2024
HomeBeritaShin Tae-yong: Timnas U-19 Membutuhkan Pemain Keturunan, Bukan Naturalisasi

Shin Tae-yong: Timnas U-19 Membutuhkan Pemain Keturunan, Bukan Naturalisasi

BOGORDAILY – Shin Tae-yong memastikan Timnas Indonesia U-19 membutuhkan tenaga pemain keturunan. Pemain tersebut harus punya darah Indonesia, bukan naturalisasi.

PSSI dikabarkan akan menaturalisasi sejumlah pemain Brasil untuk digunakan di Piala Dunia U-20 2021. Saat ini sudah ada lima pemain muda asal Brasil yang direkrut klub Shopee Liga 1 2020.

Mereka tergabung di Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United. Cuma Persija yang tak mengakui kabar rencana naturalisasi, sementara Arema dan Madura United membenarkan kabar tersebut lewat rilis klub masing-masing.

PSSI kemudian membuat bantahan bahwa perekrutan pemain-pemain tersebut tak ada kaitannya dengan Timnas U-19. Direktur Teknik Indra Sjafri menyebut bahwa perekrutan pemain-pemain muda di Shopee Liga 1 murni keinginan para klub.

Shin Tae-yong selaku Pelatih Timnas U-19 pun ikut angkat suara. Ia menyebut PSSI tak punya rencana menaturalisasi pemain asal Brasil.

“Mencari pemain naturalisasi yang ada darah Indonesia (keturunan), untuk perkembangan sepakbola Indonesia memang perlu dan dibutuhkan pemain-pemain tersebut. Kami sedang mencari,” kata Shin Tae-yong setelah memimpin latihan Timnas U-19, Kamis (20/8/2020).

“Untuk (naturalisasi pemain Brasil) itu tidak ada sama sekali. Kami mau mencari pemain berdarah Indonesia di luar negeri, supaya sepakbola Indonesia bisa upgrade satu tingkat lagi,” ujarnya menambahkan.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memberikan pernyataan serupa. Hanya pemain dari luar negeri yang punya darah keturunan Indonesia yang akan dipanggil ke Timnas U-19.

Indra Sjafri mencontohkan kehadiran Elkan Baggott dan Jack Brown yang dipanggil ke Pemusatan Latihan Timnas U-19. Kedua pemain tersebut memang punya darah Indonesia dari orangtua mereka.

“Kami mencari pemain keturunan yang sudah punya paspor Indonesia. Kenapa? Karena di dunia manapun yang boleh ke timnas, yang hanya punya paspor Indonesia. Itu sudah kami lakukan dengan memanggil Elkan dan Jack Brown,” tutur Indra Sjafri.

“Soal naturalisasi? Sampai saat ini belum ada pembicaraan Shin dengan saya sebagai Dirtek, saya juga belum ada pembicaraan ke PSSI,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here