Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaSoal Klaim Risma Surabaya Zona Hijau, Ini Respons Gugus COVID-19 Jatim

Soal Klaim Risma Surabaya Zona Hijau, Ini Respons Gugus COVID-19 Jatim

BOGORDAILY – Wali Kota Risma menyebut Surabaya zona hijau. Bagaimana tanggapan dari ?

Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril mengatakan untuk zonasi daerah merupakan kewenangan pusat. Tapi ia melihat angka kesembuhan di Surabaya meningkat.

“Untuk zonasi yang mengatur pusat, bukan kita provinsi. Tapi pada dasarnya memang kesembuhan di Surabaya meningkat,” kata Jibril kepada detikcom, Senin (3/8/2020).

Selain angka kesembuhan meningkat, Jibril menyebut penambahan kasus positif COVID-19 di Surabaya mulai menurun. Dalam konteks zonasi, Jibril mengatakan pemetaan warna sesuai keadaan wilayah tersebut akan di-update pusat setiap hari Selasa di website https://covid19.go.id/peta-risiko.

“Penentuan zona merah, oranye, kuning, hijau ini kan kewenangan dari Satuan Gugus Tugas Pusat. Setiap Selasa akan terupdate, nanti dilihat saja di websitenya,” jelasnya.

Meski di Surabaya angka kesembuhan meningkat dan jumlah kasus menurun, Jibril tetap mengingatkan masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan. Tren yang positif ini diminta untuk tetap dipertahankan.

“Artinya tetap harus waspada dan tidak boleh lengah untuk menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Dalam penelusuran detikcom di website https://covid19.go.id/peta-risiko, status Surabaya masih masuk dalam zona merah.

Khusus di Jatim masih ada 9 kabupaten/kota yang masih masuk zona merah. Selain Surabaya, ada Kota Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Jombang dan Kabupaten Mojokerto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here