Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorYuk, Kenalan Sama Pelatih Tingkat III, Aufarino Harapkan Kateda PTI Terus Maju...

Yuk, Kenalan Sama Pelatih Tingkat III, Aufarino Harapkan Kateda PTI Terus Maju Berkembang

BOGOR DAILY – Menggeluti sesuatu harus terus fokus dan konsisten, tidak mengenal kata jemu dan bosan apalagi bila kita menekuni salah satu jenis olahraga beladiri, salah satunya tercermin jelas bagi sosok Pelatih Tingkat III PTI asal Bogor, Raden Aditya Aufarino.

Pria yang baru melepas masa lajangnya dengan menikahi salah satu Penyiar Radio Professional Bogor Claudia Sarumpaet beberapa bulan lalu tersebut menjelaskan langsung kepada Bogor Daily seputar dirinya dalam dunia olahraga beladiri PTI itu.

Lelaki 29 tahun yang akrab di sapa Rino tersebut mengemukakan, bahwa sejarah PTI didirikan di Jakarta pada tanggal 13 Desember 1993 oleh Bapak I Made Suwandi, Bapak Charles Poluan Jr, Bapak Jupan Royter Tampubolon dan Bapak Zamrowi Hasan. Awalnya PTI merupakan kelas kebugaran bagi professional, yang pada akhirnya menjadi kelas beladiri. PTI sendiri tersebar di beberapa kota besar seperti Depok, Bogor, Bandung, Cirebon dan Cilegon, selanjutnya pun akan terus berkembang. Saat ini, PTI diketuai oleh Isya Septiadi (Master V).

“Untuk saya sendiri sebenarnya kenal dan dalami PTI ini sejak duduk di bangku SMA, dimana pada awalnya mengikuti kegiatan olahraga PTI ini sebagai kegiatan Ekstrakurikuler yang ada di SMA ketika itu.” Papar Rino.

Pembeda PTI dengan jenis olahraga beladiri lainnya adalah dari segi ilmu pernafasan, PTI tingkat ujiannya unik, contohnya dalam kegiatan kenaikan tingkat, kami tidak cuma sekedar gerakan atau nilai dalam bertarung, akan tetapi ada ujian ilmu pernafasan dengan sesi pengetesan tenaga dasar.

Tingkatan sabuk di Kateda PTI terdiri dari beberapa tingkatan, yaitu tingkatan dasar dan tingkatan pelatih, antara lain:
– Putih
– Kuning
– Hijau
– Biru
– Coklat
– Hitam
– Pelatih I
– Pelatih II
– Pelatih III
– Master IV
– Master V
– Guru Besar (tingkat VI)
– Mahaguru (tingkat VII)

Untuk saat ini, tingkatan tertinggi di Kateda PTI dipegang oleh dua Guru Besar, yaitu Bapak I Made Suwandi dan Bapak Zamrowi Hasan.

“Yuk kenal, suka dan gabung bersama kami. Berlatih bersama dan terus maju berkembang untuk terus mengenalkan Kateda PTI kepada masyarakat luas.” Pungkas Rino dengan penuh semangat.

(Red-BDN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here