Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBakteri dan Tungau Dilibas Habis Shikku Indonesia !!

Bakteri dan Tungau Dilibas Habis Shikku Indonesia !!

Bogor Daily – Kasurmu sudah terlihat bersih dan nyaman digunakan untuk tidur? Amati baik-baik karena bisa saja ada bahaya yang mengintai dari tungau kasur di sana. Tungau kasur adalah hewan sejenis microspider yang hidup di lingkungan kotor dan berkembang biak dengan sangat cepat. Tidak hanya kasur, hewan ini juga bisa menyerang sofa dan karpet. Biasanya akan meninggalkan serpihan tubuhnya di bawah kasur, pinggir-pinggir kasur atau dilipatan sprei.

Pada dasarnya, Tungau memperoleh makanan dari serpihan kulit manusia yang mengelupas pada saat kita tidur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rata-rata setiap orang melepaskan 1,5 juta sel kulit mati per-jam dan mengeluarkan keringat 0,9 liter per hari, termasuk pada saat tidur.

Bisa dibayangkan berapa banyak sel kulit mati yang menempel di kasur kesayanganmu. Itulah yang menyebabkan tungau kasur dapat berkembang biak secara pesat. Tungau kasur ini nantinya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Apa saja bahaya yang disebabkan oleh tungau kasur?

1. Tungau kasur menyebabkan alergi pada kulit gatal-gatal
Tungau kasur bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Jika semakin parah, maka akan berubah menjadi ruam merah. Itu merupakan reaksi yang paling umum apabila kulit terpapar kotoran tungau. Pada dasarnya, yang berbahaya bagi manusia adalah kotoran tungai, bukan tungai kasur itu sendiri.

2. Tungau kasur juga bisa menyebabkan sakit kulit. Pada kondisi yang parah, tungai kasur dapat menyebabkan kulit yang gatal menjadi kudis (scabies). Jika seseorang terkena kudis, maka sangat rentan menularkan penyakit tersebut kepada orang lain. Selain itu, kondisi yang sangat parah pun dapat diikuti dengan demam.

Namun, kondisi yang sangat umum dan belum parah biasanya hanya gatal-gatal diikuti munculnya bentol-bentol pada permukaan kulit. Kamu tetap harus waspada, bukan berarti kondisi tersebut tidak bisa berangsur menjadi kondisi yang semakin parah. Makanya, kamu harus rajin membasmi tungau yang mungkin bersarang di kasur.

Selain alergi kulit, tungau kasur juga menjadi penyebab bersin-bersin. Ini merupakan alergi lain yang disebabkan oleh tungau kasur, apabila kotoran si tungau kasur bercampur dengan debu kemudian udaranya terhirup manusia ketika bernapas. Debu yang bercampur dengan kotoran tungau kasur itu akan menempel di dinding dalam hidung dan menyebabkan reaksi alergi berupa bersin-bersin.

Kotoran tungau kasur menjadi pemicu sakit pernafasan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, udara yang bercampur dengan debu dan kotoran tungau sangat berbahaya bagi pernafasan. Salah satunya karena udara kotor tersebut akan menempel pada hidung dan menghasilkan lendir yang berakibat pilek bahkan hingga kesulitan bernafas. Sprei yang dibiarkan kotor terlalu lama juga memiliki dampak yang sama. Jadi, rajinlah membersihkan kasur di rumah.

Setelah tahu bahaya tungau kasur di atas, jangan lupa lebih rajin memperhatikan kebersihan tempat tidurmu ya, apalagi sekarang nggak perlu repot kamu bisa memakai jasa kami secara online di Shikku Indonesia.

Kamu bisa langsung WhatsApp ke nomor 0821 1822 0020 atau boleh cek Instagram @shikku.indonesia
Atau website www.shikku.id.

Selamat bersih-bersih Guys !!

(Red-BDN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here