Friday, 29 March 2024
HomeBeritaEmpat Pengusaha Indonesia Masuk Daftar Orang Kaya Dunia

Empat Pengusaha Indonesia Masuk Daftar Orang Kaya Dunia

BOGOR DAILY- Empat Indonesia turut menghiasi daftar 500 orang terkaya dunia menurut data Bloomberg Billionaire Index. Nama-nama pengisi daftar itu antara lain Budi Hartono, Michael Hartono, Tan Siok Tjien, dan Sri Prakash Lohia.

Berikut geliat bisnis yang jadi sumber kekayaan 4 sukses Indonesia tersebut:

1. Budi Hartono

Robert Budi Hartono atau Budi Hartono adalah adik dari Michael Hartono. Ia kini menduduki posisi ke-139 di daftar orang terkaya di dunia, dan sudah 12 tahun menduduki posisi nomor 1 orang terkaya di Indonesia.

Budi Hartono memiliki kekayaan hingga US$ 12,7 miliar atau sekitar Rp 190,2 triliun (kurs Rp 14.982). Budi adalah pria keturunan Tionghoa yang lahir di Jawa pada tahun 1940. Ia bersama sang kakak merupakan pemilik PT Djarum atau Djarum Group.

Ia juga merupakan pemilik saham terbesar Bank Central Asia (BCA) bersama Michael dengan porsi saham 54,94%. Ia membeli saham itu setelah krisis moneter di tahun 1998.

2. Michael Hartono

Michael Hartono, kakak dari Budi Hartono seperti yang disebutkan di atas adalah orang terkaya kedua di Indonesia, dan menduduki posisi ke-150 di daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg. Kekayaannya mencapai US$ 11,8 miliar atau sekitar Rp 176,7 triliun.

Ia dan sang adik tak hanya merupakan pemilik Djarum Group dan saham terbesar BCA. Tapi mereka juga merambah sektor lainnya seperti peralatan elektronik, properti, perkebunan, hingga teknologi informasi dan game online.

Hartono bersaudara juga menciptakan produk elektronik bernama Polytron, yang sempat dikira sebagai merek asing, bukan lokal. Kemudian, Michael dan Budi juga membangun kantor e-Commerce agar mereka dapat mengikuti tren bisnis online yang terus meningkat.

Selama beberapa tahun terakhir, Djarum Group telah bergerak ke sektor ritel online yang tumbuh cepat, mengakuisisi Kaskus, Infokost, Blibli, hingga Bolabob, Mindtalk, DailySocial, Kincir, dan Opini. Grup ini juga memiliki saham pengendali di agensi pemasaran digital Merah Cipta Media. Hartono bersaudara juga memiliki investasi di startup game Razer di Singapura.

3. Tan Siok Tjien

Nama Tan Siok Tjien sepertinya terdengar asing. Namun, ia sebenarnya adalah istri dari mendiang pendiri PT Gudang Garam Tbk, Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjojo yang meninggal sejak tahun 1985.

Setelah suaminya wafat, ia kini berperan sebagai pengendali PT Gudang Garam Tbk, produsen rokok yang menguasai sekitar seperlima pasar hasil tembakau di Indonesia.

Melalui Gudang Garam, ia memperoleh kekayaan bersih hingga US$ 5,91 miliar atau sekitar Rp 88,56 triliun (kurs Rp 14.986). Ia menduduki posisi orang terkaya ke-3 di Indonesia, dan ke-359 dalam daftar orang terkaya di dunia.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah satu-satunya orang Indonesia yang masuk daftar Bloomberg, namun bukan berasal dari industri hasil tembakau. Ia datang dari industri tekstil. Perusahaan miliknya, Indorama merupakan salah satu produsen tekstil terbesar di Indonesia. Perusahaannya itu juga bergerak di industri petrokimia.

Kekayaan bersihnya mencapai US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 82,4 triliun. Ia menduduki posisi orang terkaya ke-4 di Indonesia, dan ke-401 di dunia.

Sumber:Detik Finance

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here