Monday, 29 April 2024
HomeNasionalKabareskrim Komjen Listyo Sigit Buat Terkesan Para Jawara Banten

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Buat Terkesan Para Jawara Banten

BOGOR DAILY – Tak cuma ulama dan umaro, para pendekar dan jawara se pun, dibuat terkesan akan sosok Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. Mereka punya peran penting, mengawasi dan menjaga keamanan di propinsi berjuluk 1000 pesantren dan sejuta santri itu.

Terbukti, kondusif sepanjang 2016-2018, semasa Listyo menjabat Kapolda. Para pendekar dan jawara terkesan akan kepemimpinan Listyo.

Kabareskrim itu sangat menaruh perhatian terhadap keberadaan perguruan silat di . Seluruh perguruan dirangkul dan dipersatukan dalam sebuah peragaan besar.

“Lebih dari tiga ribu pendekar silat dan jawara debus unjuk kebolehan jurus dan debus di satu tempat, saat Listyo menjabat Kapolda,” ujar Ketua Umum DPP Perguruan Pencak Silat Terumbu , Yadi Sugiadi, belum lama ini.

Menurut Yadi, peragaan besar yang digelar di Alun-Alun Serang, , November 2017 silam, berhasil mencatatkan Rekor MURI. Pagelaran itu atas inisiasi dan peran Listyo.

Para pendekar dan jawara tergabung dalam perkumpulan tapak karuhun ini, berasal dari berbagai paguron (perguruan). Antara lain Paguron Terumbu, TTKDH Cimande, Bandrong dan Macan Guling.

“Bukan saja menginisiasi, Pak Listyo juga turut melibatkan diri. Itu sebagai wujud pendekatan dan komunikasi langsung dalam merangkul paguron-paguron untuk bersama-sama menjaga keamanan ,” puji Ketua Paguron TTKDH Cimande, TB. Mulyana, mengapresiasi tindakan Kapolda Listyo.

Selama menjadi Kapolda, Listyo juga dikenal dekat dengan tokoh kasepuhan adat di , termasuk Kidul.

“Bagi kami, Listyo merupakan jenderal tanpa sekat, tanpa ada batas, mau terjun menemui masyarakat tanpa melihat latar belakang. Kami didatangi dan diajak diskusi soal menjaga aman,” ujar Irohyadi, Ketua Kesatuan Adat Banten Kidul, atau dikenal dengan Sabaki.

Tokoh pemuda juga memberikan kesan yang sama. “Sosok dan keteladanan Listyo yang kami lihat, mau berinteraksi dengan semua lapisan masyarakat.”

“Kegiatan kepemudaan selalu dibantunya, terutama yang menyangkut kegiatan sosial, seni dan budaya,” ungkap Wahyudi Djahidi, Sekretaris Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Banten.

Perhatiannya yang besar mengundang kasepuhan adat Banten untuk menyematkan Listyo bukan sebatas sebagai kapolda, tapi juga tokoh budaya yang bisa berdiri di atas semua golongan.

“Bahkan, kami menganggap Listyo sudah menjadi bagian dari masyarakat Banten. Sebagai bentuk perhormatan, kasepuhan adat Banten sempat menawarkan Listyo menjadi pembina paguron-paguron silat se-Banten,” kata Sukanta, tokoh adat Banten Kidul, sekaligus kasepuhan dari Sabaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here