Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaKejagung Geledang Mobil BMW Pinangki, Ini Temuannya

Kejagung Geledang Mobil BMW Pinangki, Ini Temuannya

BOGOR DAILY- Pihak menggeledah mobil tipe SUV X5 milik Pinangki Sirna Malasari. Dari hasil penggeledahan, jaksa menemukan pelat mobil lain, selain yang terpasang di bagian bumper mobil itu.

Di halaman gedung bundar markas Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2020), pelat nomor polisi yang terpasang di bumper depan dan belakang mobil berkelir biru itu adalah F-214. Sementara pelat nomor polisi yang disimpan di dalam mobil adalah B-1325-SS.

Belum ada keterangan yang disampaikan pihak terkait motif Pinangki menggunakan dua pelat nomor polisi untuk satu mobil. Terlihat ada 5 jaksa yang terlibat dalam penggeledahan.

Sementara itu dari bagasi mobil, jaksa menyita beberapa surat. Dari dashboard, jaksa menemukan alat-alat kosmetik Pinangki.

Benda-benda yang ditemukan jaksa itu dicatat. Setelahnya para jaksa menutup mobil dan melilitnya dengan Kejaksaan Line.

Jika menilik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pinangki, tercatat dia tidak melaporkan mobil seharga hampir Rp 1,7 miliar itu. Dilihat detikcom, Pinangki terakhir menyetorkan LHKPN pada 31 Maret 2019 dengan jabatan Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi II.

Saat itu, total harta yang disampaikan Pinangki senilai Rp 6.838.500.000. Pinangki mencatatkan kepemilikan mobil, yaitu Nissan Teana, Toyota Alphard, dan Daihatsu Xenia dan ketiganya tertulis senilai Rp 630 juta.

Berdasarkan LHKPN-nya, kekayaan Pinangki didominasi tanah dan bangunan yang berada di Bogor dan Jakarta Barat. Berikut ini rinciannya:
– Tanah dan bangunan seluas 364 m2/234 m2 di Bogor senilai Rp 4 miliar;
– Tanah dan bangunan seluas 500 m2/360 m2 di Kota Jakarta Barat senilai Rp 1.258.500.000; dan
– Tanah dan bangunan seluas 120 m2/72 m2 di Kota Bogor senilai Rp 750 juta.

Tak hanya mobil, gaya hidup Pinangki juga disorot. Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengaku sempat mendapatkan sejumlah foto Pinangki dari akun Instagram @pinangkit mengenai gaya hidup Pinangki. Namun saat ini beberapa foto di akun itu sudah dihapus.

Salah satu yang disorot Boyamin adalah soal dugaan operasi plastik yang dilakukan Pinangki. Boyamin menduga Pinangki melakukan operasi hidung di New York Center for Plastic Surgery, yaitu klinik kecantikan yang berada di Park Avenue, New York City, Amerika Serikat (AS).

Selain itu, Boyamin menyebut Pinangki kerap ke luar negeri dengan menaiki pesawat kelas satu. Gaya hidup mewahnya di AS pun disoroti karena makan malam di restoran ternama di Per Se, di New York, AS.

Menurut Boyamin, gaji Pinangki hanya Rp 13 juta secara keseluruhan. Ia mempertanyakan gaya hidup mewah yang menurutnya penghasilan Pinangki tidak ada dari bisnis lainnya.

“Gaji Pinangki itu maksimal setiap bulannya dengan jabatan terakhir kasubag pemantauan dan evaluasi itu adalah Rp 13 juta itu sudah take home pay, sudah keseluruhan, sudah tunjangan pokok dan fungsional dan tunjangan remunerasi,” kata Boyamin.

Ia menyebut keluarga Pinangki juga tidak punya bisnis yang terlalu besar. Selain itu, Boyamin menyoroti rumah mewah dan 2 apartemen yang disewa .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here