Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKemendagri: 73 Petahana Pilkada yang Ditegur Sudah Patuhi Protokol COVID-19

Kemendagri: 73 Petahana Pilkada yang Ditegur Sudah Patuhi Protokol COVID-19

BOGORDAILY – Sebanyak 73 calon kepala daerah petahana ditegur Mendagri Tito Karnavian karena melanggar protokol kesehatan pada kegiatan terkait Pilkada 2020. mengatakan kini ke-73 calon kepala daerah tersebut sudah mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Kami secara tegas menegur ada 73 kepala daerah yang kebetulan incumbent dan maju lagi sebagai bakal pasangan calon dan Alhamdulillah teguran ini sudah dipatuhi oleh teman-teman kepala daerah,” kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum , Bahtiar, dilansir dari laman resmi , Rabu (16/9/2020).

Bahtiar menambahkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sudah menandatangani pakta integritas bersama penyelenggara di daerah. Dalam pakta integritas itu ditegaskan bakal pasangan calon menyatakan kepatuhannya terhadap protokol kesehatan COVID-19.

“Karena sekali lagi diharapkan yang terpilih di 270 daerah inilah justru kepala daerah yang mampu menghadapi COVID-19. Karena itulah pula masalah masyarakat kita hari ini, bicara tentang pembangunan ekonomi bagaimana menggerakkan ekonomi dalam konteks pandemi hari ini, begitu pula masalah sosial dan seterusnya,” kata Bahtiar.

Proses tahapan Pilkada serentak di 270 daerah masih berlangsung dan jadwal pemilihan digelar pada 9 Desember. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mewanti-wanti jangan sampai ada klaster penularan virus Corona pada tahapan Pilkada.

“Hati-hati, perlu saya sampaikan, hati-hati yang namanya klaster kantor. Kedua, klaster keluarga hati-hati. Yang terakhir juga klaster Pilkada hati-hati ini,” ujar Jokowi saat Sidang Kabinet Paripurna untuk Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Tahun 2021, pada Senin (7/9).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here