Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaKemendikbud Menggelar Pendidikan Pancasila dan Bela Negara Jenjang SMP

Kemendikbud Menggelar Pendidikan Pancasila dan Bela Negara Jenjang SMP

BOGORDAILY – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () memulai program penguatan pendidikan karakter (PPK) sejak tahun 2018. Salah satunya adalah kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara Jenjang SMP. Program tersebut bertujuan untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga.

Direktur SMP , Mulyatsyah mengatakan, para pelajar terbaik seluruh Indonesia diundang untuk mengikuti pembinaan ekstrakurikuler (ekskul) secara dalam jaringan (daring) tahun ini. Tujuannya agar generasi muda memiliki pengetahuan yang memadai tentang Pancasila dan patriotisme.

“Banyak hal positif yang terkandung dalam kegiatan ini, kita harus bangga terhadap ideologi bangsa yaitu Pancasila,” kata dia ketika memberikan arahan dalam kegiatan yang berlangsung secara daring di Jakarta (2/9).

Mulyatsyah menjelaskan, pemateri yang terlibat berasal dari TNI, kepolisian, motivator, dan praktisi pendidikan. “Bapak berharap, kalian yang menyimak kegiatan ini dapat berbagi semangat religius, kepedulian, disiplin, mandiri, kerja sama, jujur, nasionalisme, demokratis, dan bertanggung jawab bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Selain siswa, guru pendamping dan dinas pendidikan akan mendapat piagam sebagai tanda keikutsertaan. Model kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara jenjang SMP berbentuk edutainment.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung, Direktorat SMP menyelenggarakan kegiatan ini secara daring dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. “Jangan lupa, siswa dan guru pendamping tetap menggunakan masker, sediakan pembersih tangan. Di mana pun kalian beraktivitas, terapkan protokol kesehatan,” pesan Mulyatsyah.

Sebelum adanya Covid-19, kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara jenjang SMP dilakukan dengan menghadirkan 1.000 anak-anak dan melibatkan TNI serta praktisi pendidikan.

“Meski kita tidak bisa menyelenggarakan kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya, kalian sebagai anak-anak pilihan harus tetap semangat, karena kegiatan ini adalah bentuk apresiasi kementerian untuk kalian semua supaya kalian memahami pendidikan Pancasila dan bela negara dengan cara yang menyenangkan dari tempat tinggal kalian masing-masing,” terangnya.

Dia menambahkan, pendidikan karakter penting untuk dikuatkan sejak dini dan terus menerus sehingga menjadi pembiasaan dan karakter individu. Menurutnya, kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara jenjang SMP adalah salah satu cara untuk membentuk pembiasaan (nilai-nilai positif) supaya karakter peserta lebih terbentuk.

“Nanti setelah kegiatan ini hal-hal positif yang kalian peroleh lakukan berulang-ulang agar menjadi pembiasan,” pesannya.

Perlu diketahui, kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara jenjang SMP terbagi dalam empat angkatan. Angkatan I telah berlangsung tanggal 25-26 Agustus 2020. Angkatan II juga telah dilaksanakan tanggal 28-29 Agustus 2020. Angkatan III dilaksanakan tanggal 1-2 September 2020. Sementara Angkatan IV akan diselenggarakan tanggal 4-5 September 2020 mendatang.

berharap, asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara jenjang SMP ini dapat menumbuhkembangkan jiwa patriot generasi muda. “Esensi kegiatan ini adalah bagaimana agar kalian bisa memaknai nilai keagungan patriotisme. Mari, kita berkontribusi membangun bangsa Indonesia. Tetap berkarya dari rumah,” imbau Mulyatsyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here