Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorKetersediaan Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Kota Bogor Masih Aman

Ketersediaan Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Kota Bogor Masih Aman

BOGOR DAILY – Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, ketersediaan tempat tidur isolasi di Kota Bogor untuk perawatan pasien Covid-19 terbilang masih aman.

Namun pihaknya telah menyiapkan skema dalam mengantisipasi lonjakan pasien dengan menyiapkan tempat isolasi khusus OTG di gedung BNN Lido, Kabupaten Bogor dan satu hotel di Kota Bogor.

“Trennya 20 kasus rata-rata per hari. Sejauh ini kita ingin pastikan ketersediaan tempat tidur aman, saat ini belum mencapai 60%. Kalau lebih dari 60% dikatakan siaga menurut WHO,” katanya, Kamis (24/9/2020).

Meski masih dikatakan aman, pihaknya telah meminta pimpinan rumah sakit di Bogor untuk menambah kapasitas tempat tidur, khususnya di rumah sakit rujukan Corona.

“Langkah kita ada dua. Pertama, meminta rumah sakit menambah bed, tadi RS Hermina akan menambah 13 bed. Saya minta itu, terutama rumah sakit yang menjadi rujukan. Kedua, OTG tidak akan dirawat di rumah sakit lagi, tetapi kita titipkan di fasilitas non layanan kesehatan di BNN Lido, ada 122 bed,” jelasnya.

Selain itu ada satu hotel yang disiapkan di Kota Bogor dan sudah diajukan ke pusat untuk dijadikan tempat isolasi khusus OTG.

“Nanti Pak Menteri Wishnutama yang akan memutuskan. Sementara memang ada dua hotel yang siap. Nanti pembiayaannya Kota Bogor mengajukan kepada satgas nasional,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here