Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorPemerintah Kabupaten Bogor Dukung Niat PKK Sukseskan Pembangunan di Bumi Tegar Beriman

Pemerintah Kabupaten Bogor Dukung Niat PKK Sukseskan Pembangunan di Bumi Tegar Beriman

BOGOR DAILY – Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau PKK kini mulai mengeluarkan taringnya. Dalam kegiatannya kali ini mereka menunjukan bukan hanya wadah atau tempat berhimpun semata bagi kaum perempuan, namun organisasi yang ada dari mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, bahkan sampai desa merupakan mitra strategis pemerintah, karena PKK banyak gerakannya turut andil dalam mensukseskan program pembangunan.

“Pemerintah Kabupaten Bogor sangatbmemperhatikan keberadaan PKK. Kenapa? karena dengan segala keterbatasan kader-kader PKK dengan sukarela dan bersemangat tinggi ikut membantu melaksanakan program pemerintah daerah, khususnya di sektor pemberdayaan perempuan dan peningkatan kesejahteraan keluarga,” kata Sekretaris Daerah Burhanudin, saat membuka rapat koordinasi (Rakor) PKK Kabupaten Bogor, di Cibinong, Kamis (17/09/2020).

Dalam kesempatan rakor organisasi, ketua PKK Kabupaten Bogor yang juga  istri Wakil Bupati, Halimatusadiah fokus membahas program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana atau Bangga Kencana.

Program yang diluncurkan Presiden Joko Widodo tahun 2016 lalu itu, kata Sekda Kabupaten Bogor, Buhanudin, bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia melalui PKK.

“Program Bangga Kencana yang diluncurkan pemerintah pusat itu, di daerah telah menindaklanjuti dengan mengeluarkan surat edaran bupati tentang penguatan kampung Keluarga Berencana (KB) di 40 kecamatan,” jelas Burhanudin.

Burhanudin menjelaskan, kampung KB merupakan miniature itu merupakan pelaksanaan program Bangga Kencana, karena di dalamnya terdapat keterpaduan program pembangunan keluarga, kependudukan dan KB secara holistic, integral dan sistematik.

“Dipadukannya program Bangga Kencana dan kesehatan dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai satu kesatuan gerak PKK. Kenapa ?, karena peran PKK itu sangatlah strategis dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di berbagai bidang,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Halimatusadiah Setiawan menambahkan, jika tahun sebelumnya dikenal dengan istilah Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan, untuk tahun 2020 ini menjadi Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dan Posyandu.

“Bangga Kencana merupakan akronim dari pembangunan keluarga, kependudukan dan program keluarga berencana. Walaupun berganti istilah namun tidak menghilangkan momentum yang sangat baik untuk menumbuhkan sikap dan semangat kemandirian keluarga dan masyarakat,” katanya.

Halimah menegaskan, komitmen PKK untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah membantu melaksanakan program yang terkait dengan pemberdayaan kaum perempuan, perlindungan anak serta keluarga.

“Alhamdulillah, dukungan dari pemerintah daerah tak pernah kurang. Itu menjadi modal semangat bagi pengurus dan kader-kader PKK di pelosok desa untuk bersama-sama mensukseskan program pembangunan bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here