Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorSatpol-PP Kabupaten Bogor Disemprot Komnas HAM : Borgol Itu Untuk Tindakan Pidana

Satpol-PP Kabupaten Bogor Disemprot Komnas HAM : Borgol Itu Untuk Tindakan Pidana

BOGOR DAILY – Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menilai sanksi pemborgolan tangan dari aparat kepada para pelanggar yang kedapatan tidak menggunakan masker di kawasan Puncak, Bogor, Kabupaten tidak tepat. Dia minta aksi ini dihentikan.

Beka mengatakan hal ini tidak bisa dikategorikan sebagai sanksi sosial. Sebab pemborgolan hanya bisa dilakukan terhadap seseorang yang berpotensi membahayakan orang lain atau pelaku berniat melarikan diri.

“Diborgol untuk tindakan pidana yang berpotensi membahayakan orang lain, melarikan diri, sanksi sosial harusnya memberi dampak kepada publik,” kata Beka seperti dikutif suara.com, Minggu (20/9/2020).

Dia meminta praktik ini dihentikan.

Sebab tidak akan memberikan efek jera terhadap pelanggar protokol kesehatan.

“Saya mendorong sanksi-nya kerja-kerja sosial seperti membersihkan fasilitas publik atau juga ikut dalam kampanye pencegahan covid seperti pembagian masker, hand sanitizer, dan lain-lain,” ucapnya.

Sebelumnya, seorang pengendara roda dua yang melintasi Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat memaki-maki anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bogor karena tidak terima tangannya diborgol, Sabtu (19/9/2020).

Pria bernama Andi Albar (29) asal Megamendung Bogor Jawa Barat itu tidak terima karena tangannya diborgol.

Padahal, tujuan anggota Satpol PP Bogor menindak dengan cara memborgol tangan pria tersebut agar tidak mengulangi lagi, dan selalu patuh untuk menggunakan masker.

Saat didata oleh anggota, pria yang bertujuan ke arah Puncak Bogor itu masih tidak terima tangannya diborgol dan membandingkan dengan terpidana korupsi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here