Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaWapres Ma'ruf Amin: Dunia akan Lebih Baik Karena Moralitas dan Kohesi Sosial...

Wapres Ma’ruf Amin: Dunia akan Lebih Baik Karena Moralitas dan Kohesi Sosial yang Baik

BOGORDAILY – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menitipkan pesan kepada mahasiswa baru yang sudah mulai memasuki dunia pendidikan tinggi. Dia mendorong mahasiswa agar menjadi agen perubahan yang terus menjunjung tinggi nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme dan toleransi.

Hal itu disampaikan Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya secara daring, Senin (7/9).

“Sebagai kelompok elite dalam struktur masyarakat Indonesia, anda semua harus menjadi agen perubahan. Jadilah agen yang konsisten untuk terus menyuarakan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme, dan toleransi. Masa depan negara ini, seluruhnya berada di pundak kalian,” katanya.

Dia berharap mahasiswa dapat mewujudkan semangat nasionalisme tersebut. Sehingga, sekalipun memiliki keunggulan kompetitif secara global, tapi selayaknya tetap berpijak pada ideologi dan kearifan lokal.

“Saya teringat dengan Presiden Indonesia Ke-3 Bapak Prof Dr BJ Habibie yang selalu dijuluki ‘otak Jerman tapi berhati Makkah’. Julukan tersebut mengandung arti bahwa otak kita, atau kemampuan kita bisa melanglang buana dan bersaing di era global ini, tapi hati kita atau jati diri kita tetap harus melekat sesuai dengan identitas dan akhlak sebagai insan nusantara,” jelasnya.

Ma’ruf berpesan agar para mahasiswa menjadi kaum intelektual yang tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dengan baik. Tetapi, juga menjunjung tinggi moralitas sosial.

“Tumbuh dan berkembanglah menjadi intelektual yang memahami ilmu pengetahuan tetapi juga menjunjung tinggi moralitas dan menghargai kehidupan sosial. Dunia tidak akan menjadi lebih baik hanya karena banyaknya orang cerdas. Tetapi dunia akan lebih baik karena moralitas dan kohesi sosial yang baik,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here