Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBelum Semua Rekening Pekerja Dapat Rp1,2 Juta

Belum Semua Rekening Pekerja Dapat Rp1,2 Juta

BOGOR DAILY- Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) terus dilakukan pemerintah. Sebab, masih ada pekerja yang merasa berhak menerima BLT namun belum mendapatkannya.

Saat ini, pencairan BLT sudah memasuki tahap lima. Jika sesuai rencana awal pemerintah, BLT akan diberikan ke 15 juta pekerja.

Berikut adalah fakta mengenai BLT seperti yang sudah dilansir okezone, Sabtu (10/10/2020).

1. 600 ribu Pekerja Dapat BLT

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan bantuan Tahap V sudah dicairkan kepada 618.588 orang pekerja yang berhak menerima sesuai kriteria Permenaker 14 Tahun 2020.

“Saya sampaikan bahwa bantuan Tahap V dicairkan kepada 618.588 pekerja,” kata Ida di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

2. BLT Sudah Diberikan ke 11 Juta Pekerja

Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa /upah kepada 11.470.586 penerima. Angka ini sekitar 98,42% dari total penerima pada gelombang I dan 4.

Pemberian dana BLT diberikan kepada pemerintah untuk pekerja yang terdampak Covid-19. Dengan syarat diberikan kepada mereka yang berpenghasilan di bawah Rp5 juta.

Namun, untuk mendapatkan bantuan tersebut harus memenuhi sejumlah syarat yang diberikan. Salah satunya aktif kepesertaan dan tidak telat membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan. 3. Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional

atau upah adalah salah satu upaya kita bersama dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, bantuan Pemerintah Berupa Subsidi upah atau gaji hendaknya digunakan untuk membeli kebutuhan primer misalnya sembako atau produk buatan dalam negeri dan UMKM.

4. Bantuan Ringankan Kehidupan Rumah Tangga

Bantuan ini dapat meringankan kehidupan rumah tangga para pekerja kita, terutama mereka yang tengah kesusahan akibat pandemi Covid -19. Secara makro, estimasi yang kami lakukan sementara ini menunjukkan, subsidi gaji atau upah dapat mendorong konsumsi rumah tangga sebesar 0,4 – 0,7%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here