Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaImunisasi Bayi Harus Tetap Jalan Meski Pandemi

Imunisasi Bayi Harus Tetap Jalan Meski Pandemi

BOGOR DAILY- Di masa pandemi Corona, anak harus tetap rutin dijalankan. Hal ini sesuai dengan imbauan Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bunda. Kenapa sih anak harus tetap berjalan?
Menurut dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD., jika tidak dijalankan maka kemungkinan Indonesia akan menghadapi wabah di tengah pandemi COVID-19, Bunda.

“Ini tidak boleh terjadi, jika cakupan turun maka kita akan menghadapi outbreak (wabah) di tengah pandemi COVID-19. rutin harus tetap berjalan,” kata Dirga yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog dalam forum dialog ‘Lindungi Diri Saat Pandemi' di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN)', baru-baru ini.

Dirga mengatakan, Kemenkes sudah menyusun berbagai macam protokol kesehatan dalam pelayanan rutin. Misalnya, pengaturan kedatangan, penggunaan masker, pembatasan sosial, petugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD), hingga inovasi yang sudah dijalankan saat ini.

“Ada vaksinasi drive thru, ada (petugas) yang ke rumah. Keluarga kita harus mendapatkan di masa pandemi. (Kita harus sadar) bahwa adalah tanggung jawab sosial, bukan soal melindungi diri sendiri,” ujarnya.

rutin pun, menurut Dirga, tidak hanya dilakukan untuk balita dan anak, tetapi juga orang dewasa, lho.

Pemerintah dengan sungguh-sungguh terus memastikan setiap warga negaranya terlindungi. Salah satunya, yaitu menjaga tetap berlangsungnya layanan rutin.

Selain imunisasi rutin, yuk, selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here