Saturday, 18 May 2024
HomeNasionalKominfo Janjikan Koneksi Internet untuk 3.126 Puskesmas dan Rumah Sakit Sampai 2021

Kominfo Janjikan Koneksi Internet untuk 3.126 Puskesmas dan Rumah Sakit Sampai 2021

BOGOR DAILY – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berjanji akan menyelesaikan ketersediaan akses internet di 3.126 fasilitas layanan kesehatan, puskesmas dan rumah sakit hingga kuartal pertama 2021.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga 31 Desember 2019, terdapat 2.877 rumah sakit dan 10.134 puskesmas di Indonesia. Dari total 13.011 fasilitas layanan kesehatan tersebut, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) mengidentifikasi ada 3.126 titik yang membutuhkan optimalisasi layanan internet.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di puskesmas dan rumah sakit itu dilakukan dalam tiga tahap.

“Tahap pertama, tahun 2020 ini. Tahap kedua itu 2.192 titik akan dibangun di kuartal keempat atau sekarang sampai Desember 2020. Sisanya, pada kuartal pertama tahun 2021 sebanyak 708 fasilitas layanan kesehatan, ” ujar Johnny, Rabu (14/10/2020).

Dengan ketersediaan akses internet di puskesmas dan rumah sakit ini, pemerintah berharap dapat mendukung program kesehatan masyarakat jangka panjang.

“Termasuk untuk mendorong penurunan angka kematian ibu dan bayi, mencegah stunting, mendukung program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, dan peningkatan layanan kesehatan melalui telemedicine,” jelasnya.

Untuk merealisasikannya, Kominfo saat ini tengah menyusun roadmap Indonesia digital, di mana salah satu program yang termuat dalam peta jalan itu adalah peningkatan akses layanan kesehatan.

Beberapa inisiatif yang masuk dalam Roadmap Indonesia Digital khususnya sektor kesehatan hingga tahun 2024 antara lain:

  1. Perluasan jangkauan infrastruktur digital dalam mendukung layanan kesehatan melalui telehealth/telemedicine
  2. Penerapan registrasi kesehatan digital nasional, termasuk manajemen data dan health record
  3. Pengembangan hub dan ekosistem teknologi medis
  4. Penerapan analitik untuk manajemen penyakit (antara lain untuk meningkatkan akurasi diagnosa);
  5. Perluasan pelacakan kontak
  6. Implementasi digitalisasi untuk mendorong hidup yang lebih sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here