Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaMau Renovasi Rumah? Baca Dulu Kiatnya biar Nggak Tekor

Mau Renovasi Rumah? Baca Dulu Kiatnya biar Nggak Tekor

BOGOR DAILY- Ekonomi sedang sulit karena pandemi virus corona. Bahkan, Indonesia segera menyusul negara-negara yang sudah mengalami resesi.

Lantas tepatkah melakukan renovasi rumah di tengah kondisi saat ini? Jika Iya, apa saja yang mesti disiapkan.

Selain faktor rusaknya beberapa bagian dari rumah membuat rumah harus melalui tahapan renovasi. Namun untuk melakukan renovasi tersebut membutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan. Agar nantinya hasil yang diinginkan sesuai dengan harapan.

Salah satu persiapannya adalah membuat gambaran kerja. Adapula besaran dana yang harus diperhitungkan.

Melansir dari buku Renovasi Rumah Mulai 7 Juta karya Yogi Suwandaru, Yusuf Fathur, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Berikut beberapa kiat merenovasi rumah.

1. Tentukan skala prioritas.

Tentukan prioritas area mana yang akan direnovasi terlebih dahulu, terutama jika terkendala masalah biaya. Pastikan, ruangan yang direnovasi terlebih dahulu merupakan ruangan yang benar-benar dibutuhkan.

2. Buat gambar kerja.

Gambar kerja sangat dibutuhkan, berbekal gambar kerja tahapan renovasi dapat dilakukan. Gambar kerja juga berperan untuk mengontrol penggunaan material dan menghemat waktu.

3. Perhatikan kondisi sekarang.

Cari tahu kondisi bangunan sebelum dibongkar, perhatikan posisi instalasi, seperti pipa air, pipa buangan, dan pipa kabel. Posisi struktur bangunan serta dimensinya jelas perlu diketahui, hal tersebut berguna sebagai patokan dalam memulai renovasi.

4. Dana yang dibutuhkan.

Ketika gambar sudah didapat, tentukan dan hitung kembali dana yang dibutuhkan. Tentunya dapat memilih kebutuhan mana yang dapat ditinggalkan jika terkendala dengan biaya yang melebihi dana.

5. Buat kalender kerja.

Rencana memulai dan mengakhiri renovasi perlu dibuat dalam satu kalender kerja. Dengan seperti itu, nantinya akan mengetahui durasi renovasi berada dalam waktu yang tepat atau tidak.

6. Pilih pekerja yang kompeten.

Keterampilan dan kerapihan saat bekerja membuat proses renovasi cepat selesai dengan hasil yang bagus, sehingga dikemudian hari tidak akan muncul masalah baru.
7. Maksimalkan ruang.

Pada saat renovasi, pindahkan barang dalam satu area yang mudah dijangkau. Sediakan satu tempat untuk menimbun material agar mudah mengontrol.

Jika renovasi dilakukan dalam skala besar, sebaiknya cari tempat tinggal untuk sementara waktu.

8. Pilih material instan.

Jika menginginkan proses renovasi yang cepat, pilih material instan yang mudah dipasang dan dikerjakan. Semisal, semen instan, blok beton, papan gypsum dan vinyl untuk lantai.

9. Simpan material sisa.

Setelah proses renovasi selesai, simpan baik-baik material dan alat bangunan. Singkirkan material yang tidak dapat disimpan dalam jangka lama seperti cat dan semen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here