Friday, 17 May 2024
HomeBeritaPemkot Bogor Sabet Banyak Penghargaan di Sektor Kesehatan

Pemkot Bogor Sabet Banyak Penghargaan di Sektor Kesehatan

BOGOR DAILY- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyabet sebagai Kota Sehat Tahun 2019 di Jawa Barat. Kabag Kemas Setda Kota Bogor Asep Kartiwa menuturkan, ada 17 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menerima ini, termasuk Kota Bogor yang menerima Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan.

Tidak hanya itu, kata dia, empat sekolah di Bogor juga menorehkan prestasi di Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, yakni TK Kesatuan meraih Juara 1, SD Kawungluwuk meraih Juara 2, SMPN 4 meraih Juara 2 dan SMAN 5 meraih Juara 3.

“Saya harap raihan ini menjadi salah satu indikator dalam mewujudkan visi Kota Bogor sebagai kota yang ramah keluarga,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan tertinggi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Swasti Saba Wistara merupakan di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian.

Penilain itu di antaranya mencakup kebersihan pemukiman, sarana dan prasarana umum, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta sosial yang sehat.

Uu menekankan fokus kebersihan menjadi penting sebagai salah satu tolak ukur kesehatan masyarakat, terutama di masa pandemi COVID-19. Ia berharap agar Swasti Saba yang telah diraih kota/kabupaten di Jawa Barat bisa menjadi motivasi masyarakat untuk bisa mewujudkan lingkungan yang sehat.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa LSS merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi secara positif dan obyektif untuk melihat wujud implementasi disiplin kesehatan di sekolah, terutama terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here