Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaSoal Kabar Pegawai Positif Covid-19, XL Axiata Beri Penjelasan

Soal Kabar Pegawai Positif Covid-19, XL Axiata Beri Penjelasan

BOGOR DAILY- – (XL) buka suara terkait sejumlah karyawan mitra perusahaannya yang berlokasi di Sleman, positif virus Corona (COVID-19). XL memastikan bahwa karyawan di Yogyakarta tidak tertular COVID-19.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (15/10/2020) manajemen XL memastikan tidak ada satu pun karyawan yang bertugas di area Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk Sleman, yang terpapar COVID-19.

Rd. Sofia Purbayanti, Group Head Central Region mengatakan, meskipun memiliki hubungan kemitraan, namun kedua perusahaan tidak dalam satu manajemen, karena itu pula karyawan perusahaan tidak di bawah manajemen XL, kantor keduanya juga terpisah.

sejak awal berjangkitnya pandemi ini telah menerapkan sistem monitoring yang ketat terhadap kondisi kesehatan setiap karyawannya yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Sofia.

“Protokol kesehatan juga selalu kami terapkan secara ketat sesuai regulasi yang berlaku, baik nasional maupun di setiap daerah tempat kantor kami berada. Protokol kesehatan mengikat semua karyawan, baik yang masih harus bekerja di kantor maupun di rumah. Protokol juga kami terapkan dalam memastikan kondisi keamanan kantor dan semua fasilitas kerja kami,” ungkapnya menambahkan.

Sofia melanjutkan, terkait kasus yang terjadi di Yogyakarta di atas, pada tanggal 13 Oktober 2020, Dinas Kesehatan Sleman telah menginspeksi secara langsung XL Center Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Laksda Adi Sucipto No 163, lantai 1, Sleman. Juga telah dilakukan wawancara dengan petugas facility management kantor. Hasilnya, XL Center Yogyakarta dinyatakan aman dan sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah.

Terkait kasus COVID-19 yang terjadi ini, berikut ini beberapa hal penting yang manajemen XL sampaikan:

1. Perusahaan mitra yang berkantor di Sleman, di mana sejumlah karyawannya ditemukan positive Covid-19, menangani layanan call center untuk pelanggan dan masyarakat

2. Lingkup kerja layanan call center yg dilakukan perusahaan tersebut tidak berhubungan/beinteraksi fisik secara langsung dengan pelanggan. Mereka menghubungi pelanggan melalui telepon.

3. Sektor telekomunikasi merupakan salah satu sektor vital selama pandemi, yang membutuhkan dukungan operasional selama 24 jam penuh, termasuk untuk layanan call center. selalu memastikan layanan call center tetap beroperasi secara normal untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

4. terus melakukan koordinasi dengan manajemen perusahaan mitra tersebut dan juga Dinas Kesehatan Sleman untuk memastikan seluruh protokol kesehatan dipatuhi sesuai dengan anjuran pemerintah. juga memprioritaskan kesehatan para agen yang ternaung dalam mitra dengan memberikan support kesehatan baik fisik maupun mental dengan melakukan tata kelola sesuai regulasi, serta pemberian vitamin dan dukungan lainnya.

5. Pada tanggal 5 Oktober 2020, sudah melaksanakan sterilisasi kantor dan disinfektan menyeluruh, serta melakukan tes kesehatan kepada semua karyawan yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk di Sleman. Hasilnya, semua karyawan tidak ada yang reaktif Covid-19.

6. Pada tanggal 13 Oktober 2020, Dinas Kesehatan Sleman telah menginspeksi secara langsung XL Center Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Laksda Adi Sucipto no.163 (Lt.1), Sleman. Hasilnya, XL Center Yogyakarta dinyatakan aman dan sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai yg dianjurkan oleh pemerintah.

7. berkomitmen untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada setiap karyawan dan mitra kerja guna mencegah penularan Covid-19, baik di dalam maupun di luar lingkungan perusahaan.

Protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat dalam pelayanan pelanggan di XL Center di seluruh Indonesia, termasuk di XL Center Yogyakarta.

Operator seluler yang identik warna biru ini telah menerapkan tata cara baru di pusat layanan pelanggan untuk mengurangi interaksi langsung pelanggan dengan petugas dan perangkat layanan lainnya. Dari saat datang, pelanggan diminta mencuci tangan, menggunakan masker, dan mendapatkan nomor antrian melalui SMS.

Penerapan New Normal di Layanan Pelanggan XL Axiata: Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini (kanan) saat meninjau salah satu pusat layanan pelanggan XL Center di Jakarta Selata, Rabu (17/6). Memasuki masa new normal XL Axiata menerapkan tatacara baru di pusat layanan mulai dari penggunaan hand sanitizer, kewajiban penggunaan masker dan SMS untuk mendapatkan nomor antrian. Hal tersebut untuk mengurangi interaksi langsung antara pelanggan dan petugas.

Penerapan New Normal di Layanan Pelanggan XL Axiata: Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini (kanan) saat meninjau salah satu pusat layanan pelanggan XL Center di Jakarta Selata, Rabu (17/6). Memasuki masa new normal XL Axiata menerapkan tatacara baru di pusat layanan mulai dari penggunaan hand sanitizer, kewajiban penggunaan masker dan SMS untuk mendapatkan nomor antrian.

Hal tersebut untuk mengurangi interaksi langsung antara pelanggan dan petugas.Dengan menggunakan nomor antrean melalui SMS, pelanggan bisa memperkirakan waktu menunggu giliran mendapatkan pelayanan petugas, sekaligus mengurangi penumpukan pelanggan di ruang tunggu.

Adapun, meja layanan juga disekat dengan kaca akrilik yang membatasi petugas dengan pelanggan. Selain itu, penyemprotan disinfektan juga dilakukan setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here