Sunday, 16 June 2024
HomeKabupaten BogorBima Arya Minta Tolong Jokowi Atasi Sungai Ciliwung, Ingin Buat Wisata Air...

Bima Arya Minta Tolong Jokowi Atasi Sungai Ciliwung, Ingin Buat Wisata Air untuk Atasi Banjir

BOGOR DAILY – Setelah menyisir dari Pintu Air Manggarai, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto meminta perhatian Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Hal tersebut disampaikan Bima Arya sebelum melakukan ekspedisi -Bogor-Jakarta yang mengambil titik start di antara Kelurahan Sukaresmi-Kedunghalang, BogorUtara, Kota Bogor, Selasa (10/11/2020).

Bima menegaskan, nanti setibanya di ujung atau titik finish (Manggarai, Jakarta) dari ekspedisi selama dua hari ini, pihaknya akan merekapitulasi hasil pemetaannya.

“Kami meminta atensi dari bapak Presiden Jokowi, kalau bapak presiden kemarin-kemarin sudah mengkampanyekan Citarum, nah kita ingin bapak presiden juga memberikan atensi khusus, kepada Ciliwung ini,” harapnya.

Menurutnya, dalam membenahi ini, bukan hanya persoalan kebersihan saja, tapi ini sudah menyangkut keselamatan orang banyak.

“Jangan sampai Ciliwung ini tidak digarap, sehingga sampah dimana-mana. bangunan liar dimana-mana, pencemaran dimana-mana yang rugi adalah semua yang dilintasinya, Bogor, Depok, dan terutama Jakarta,” katanya.

Sebab, lanjut dia, Ciliwung ini urusan bersama, jika upaya pembenahan hanya di pusatkan di Bogor saja kemudian daerah laini tidak maka akan percuma.

“Jakarta akan tetap banjir, Depok juga akan tetap tergenang jadi lintasan banjir. Banjir kan macam-macam. ada banjir yang langsung akibat curah hujan ke Jakarta, ada banjir karena lintasan jadi kita kurangilah banjir dari hulu ini agar volume air tidak terlalu besar,” katanya.

Ia juga menyinggung tentang potensi wisata air seperti rafting atau arung jeram di aliran ini. Ekspedisi kali ini juga untuk memetakan sejauh mana potensi untuk wisata air. “Kalau di Bogor sudah ada beberapa titik kita petakan, salah satunya adalah ini (Sukaresmi-Kedunghalang),” katanya.

Terkait ekspedisi ini, pihaknya mengaku belum berkordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Nanti di jalan saya akan kontak mas Anies, besok mendadak sajalah, saya tak mau ganggu, nanti baru saya WA ketika di jalan mendekati Jakarta,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here