Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaCek Status Pohon

Cek Status Pohon

BOGOR DAILY- Pohon tumbang juga menjadi ancaman bagi warga Kota Bogor di musim penghujan. Kota Bogor mengantisipasi tumbangnya pohon yang berada di pinggir jalan utama di Kota Bogor.

Bahkan Wali Kota Bogor Bima Arya mensoroti tumbangnya pohon di pinggir jalan yang padat dilintasi kendaraan ini. Menurut dia terdapat kategori pohon yang dianggap rawan tumbang. Pertama memang pohon yang sudah rapuh, keropos, dan pohon yang ketika ada angin sedikit lansung tumbang. “Kedua akar kuat tapi di atasnya rantingnya itu rawan sekali patah menimpa orang ketika cuaca buruk dan hujan,” kata Bima Arya.

Dirinya mengaku kalau kejadian pohon – pohon yang tumbang itu karena cuaca angin kencang dan hujan yang terus menerus.

“Kami meminta Dinas Pertamanan dan ini keliling menyusuri pohon ini. Karena di Kota Bogor ini kan ada KTP-nya dan bisa didata oleh handphone,” sambungnya.

SIAGA BENCANA: Petugas Kota Bogor selain siaga 24 jam juga sosialisasi kepada warga di wilayah dengan membentuk kelurahan siaga bencana (melatih warga mengantisipasi bencana) dan membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana.

Selain itu, ada beberapa status pohon yamg sudah terdata. Dari statusnya hijau hingga merah. Hingga saat ini, sudah ada 300 pohon yang dilakukan pengecekan Dinas Pertamanan.

“Antisipasinya, hindari jalan yang banyak pohon – pohon besar. Seperti Ahmad Yani dan Jalan Pemuda, Pajajaran dan Juanda itu titik rawan. Kalau orang Bogor pasti tahu, waktu SMA dilarang ibu saya melintasi jalan itu. Kalau lagi cuaca buruk,” tegasnya.

Sejauh ini pula ini, ada 666 pohon yang sudah ber-KTP di Kota Bogor.

“Untuk para korban, ada santunan dari pemkot berupa asuransi, dari aturan kita begitu,” tukasnya.
Kepala Kota Bogor, Priyatna Syamsah menjelaskan, kejadian pohon tumbang yang pertama terjadi di Jalan Ahmad Yani, Tanah Sareal pada Senin (2/11) pagi, tepatnya di depan Kantor BPJS Kesehatan, dan melukai dua orang.

Lalu, kejadian yang kedua terjadi di Jalan Juanda, Bogor Tengah. Kejadian ketiga di Jalan Dadali, Tanah Sareal dan menimpa mobil milik warga. Dan kejadian terakhir di Kampung Tajur, Bogor Selatan.

Priyatna menyatakan, dari empat titik tersebut terdapat empat orang luka ringan dan berat. “Korban yang mengalami luka di Jalan Ahmad Yani dan Juanda,” kata Priyatna. (dka/c)

Kelurahan

Kecamatan Bogor Utara
Rawan Banjir : Kampung Bebek, Bantar Jati, Cibuluh dan Tanah Baru.
Rawan Longsor : Cimahpar dan Tegal Gundil.

Kecamatan Bogor Timur
Rawan Banjir : Baranang Siang, Kalibaru
Rawan Longsor : Katulampa.

Kecamatan Bogor Barat
Rawan Longsor : Curug, Pasir Jaya, Gunung Batu, Semplak, dan Loji.

Kecamatan Tanah Sareal
Rawan Banjir : Cibadak dan Sukaresmmi.

Kecamatan Bogor Selatan
Rawan Banjir : Batutulis
Rawan Longsor : Bondongan, Muara Sari, Lawang Gintung, dan Cipaku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here