Wednesday, 15 May 2024
HomeBeritaHabib Rizieq Diam-diam Tes Swab

Habib Rizieq Diam-diam Tes Swab

Bogor Daily- Wali Kota sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengungkapkan fakta, Imam Besar FPI Shihab diam-diam sudah melakukan tes swab.

Ia mengatakan, melakukan tes usap di sela-sela Salat Jumat, (27/11/2020) tadi siang. Hal tersebut sangat disayangkan Bima Arya yang juga sebagai Wali Kota Bogor.Karena, dia menilai pihak Rumah Sakit (RS) Ummi tidak berkoordinasi dengan Kota Bogor.

“Saya menjelang Jumat berkomunikasi dengan Dirut RS Ummi yakni dr. Andi. Disampaikan bahwa dokternya dalam perjalanan. Kemudian setelah Jumatan, saya mendapatkan info bahwa habib telah dilakukan swab test, tanpa mengabari kami sebagai Kota Bogor,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Bogor, Jumat (27/11) sore.

“Kita sangat sayangkan hal itu, karena tidak komunikasi terlebih dahulu dengan Kota Bogor. Saya kemudian berkomunikasi dengan dr. Andi, katanya beliau juga tidak tahu. Bahwa swab itu dilakukan secara diam-diam,” sambung politikus PAN tersebut.

Menurut Bima, swab yang dilakukan kepada pentolan Front Pembela Islam (FPI) tersebut dilaksanakan di sela-sela Salat Jumat, dan pada saat itu seluruh pegawai sedang menjalani Salat Jumat.

“Artinya dalam hal ini pihak RS Ummi tidak berkoordinasi dengan kami. Saya menyampaikan itu kepada dr. Andi. Karena penting bagi kami memastikan bahwa prosedurnya sesuai dengan protokol kesehatan, dan ketentuan tim yang melakukan swab itu siapa? Dan dikirim ke LAB (Laboratorium) mana?” kesal Bima.

Ia juga menyampaikan, bahwa Kota Bogor mendapatkan informasi dari pihak RS Ummi, yang melakukan swab test kepada Habib Rizieq Shihab tersebut merupakan tim dari MER-C (relawan yang tidak terdaftar di ).

“Kami mendapatkan keterangan juga, bahwa yang melakukan swab adalah dari tim MER-C, dan juga hasilnya dikirim ke laboratorium MER-C Jakarta, yang informasinya tidak terdaftar yang ditunjuk Kemenkes, gitu katanya,” imbuhnya.

Pihaknya sampai saat ini juga belum mendapatkan kepastian jelas, mengenai tim kesehatan Habib Rizieq telah melakukan swab test tersebut.

Ia juga memaparkan, bahwa saat menjalani swab test kepada Habib Rizieq, tidak mendapatkan data dokumentasi yang jelas.

“Kami belum mendapatkan kepastian siapa yang menjalankan tes swab ini. Artinya tidak ada dokumentasi dan tidak ada data,” paparnya. Bima menambahkan, Kota Bogor juga sudah berkoordinasi dengan pusat mengenai Laboratorium dari MER-C tersebut, apakah terdaftar atau tidak.

“Saya juga berkoordinasi dengan Satgas Jakarta (Pusat), LAB MER-C ini tidak terdaftar di . Kesimpulannya, bahwa sebagai ketua Satgas saya meminta untuk kembali dilakukan swab ulang,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here