Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaHari Ini Polda Jabar Periksa 10 Saksi Kerumunan Habib Rizieq di Megamendung

Hari Ini Polda Jabar Periksa 10 Saksi Kerumunan Habib Rizieq di Megamendung

BOGOR DAILY- – Polda Jawa Barat akan memanggil 10 orang untuk diminta keterangan terkait kerumunan acara yang dihadiri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hari ini, Jumat (20/11). Dari 10 orang yang akan diperiksa, salah satunya Bupati Bogor Ade Yasin. Meski pemanggilan kepada Ade belakangan ditunda lantaran terinfeksi virus covid-19.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan, pemanggilan 10 orang itu akan ditangani Direktorat Reserse Kriminal Umum di Mapolda Jabar. Erdi tak menjelaskan lebih lanjut soal pemeriksaan terhadap Ade yang tengah covid-19.

“Besok (hari ini) ada beberapa pejabat pemerintah setempat di Kabupaten Bogor diperiksa. Mereka kurang lebih 10 orang akan dimintai keterangan di Polda Jabar Ditreskrimum Polda Jabar,” ujar Erdi, Kamis (19/11).

Sebanyak 10 orang yang akan diminta keterangan yakni Bupati Bogor Ade Yasin, Sekda Bogor, Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Kepala Desa Sukagalih, Kades Kuta, Camat Megamendung, Bhabinkamtibmas, Ketua RT, Ketua RW setempat dan panitia penyelenggara acara.

“Pemeriksaan terkait sejauh mana yang bersangkutan mengetahui kegiatan peletakan batu pertama Bapak di Megamendung,” kata Erdi.

Klarifikasi ini berkaitan dengan kerumunan massa yang diduga melanggar protokol kesehatan Covid-19. Pelanggarannya, seperti mengabaikan penerapan jaga jarak, penggunaan masker, mencuci tangan, serta kerumunan.

“Ternyata yang ikut serta dalam rangkaian kegiatan sangat besar jumlah pengikutnya,” ucapnya.

Selain ke-10 orang tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga akan dipanggil terkait acara di Megamendung hari ini.
Namun pemeriksaan terhadap Emil, sapaannya, dilakukan di Bareskrim Polri.

Terkait pemeriksaan acara di Megamendung, Erdi mengatakan, penyidik memang membentuk dua tim yaitu penyidik dari Ditreskrimum Polda Jabar bersama dan penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

“Jadi ada dua pemeriksaan dan dua tempat yang berbeda. Untuk gubernur Jabar diperiksa di Bareskrim, kemudian untuk pejabat daerah setempat dilakukan pemeriksaan di Polda Jabar,” kata Erdi.

Lihat juga: Polisi Siapkan Gelar Perkara Kasus Kerumunan Rizieq Shihab
Sebelumnya, terjadi kerumunan saat kedatangan Rizie Shihab di Pesantren Alam dan Agrokultural Markas Syariah FPI yang terletak di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (13/11) lalu.

Massa pendukung Rizieq tumpah ruah di sepanjang jalan Tol Ciawi hingga simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat. Mereka menyambut kedatangan rombongan Rizieq ke kawasan Megamendung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here