Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaJokowi Perkirakan Vaksinasi Corona Mulai Akhir 2020 Atau Awal 2021

Jokowi Perkirakan Vaksinasi Corona Mulai Akhir 2020 Atau Awal 2021

BOGORDAILY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan vaksinasi virus Corona (COVID-19) mulai dilakukan pada akhir 2020 atau awal 2021. Perkiraan itu disampaikan setelah Jokowi melihat perkembangan kondisi di lapangan.

“Kalau melihat tadi di lapangan dan melihat simulasi tadi, kita memperkirakan kita akan mulai vaksinasi di akhir tahun atau di awal tahun, akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021,” kata Jokowi setelah berkunjung ke Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (18/11/2020).

Jokowi kemudian menjelaskan kendala mengenai distribusi vaksin ke seluruh daerah di Tanah Air. Dia menegaskan pengiriman vaksin berbeda dengan pengiriman barang-barang lain.

“Karena memang proses persiapannya itu tidak hanya menerima vaksin kemudian langsung disuntikkan kita juga harus menyiapkan distribusi ke seluruh Tanah Air ini yang tidak mudah mendistribusikan vaksin itu tidak mudah, ini bukan barang seperti barang-barang yang lain, memerlukan kedinginan dengan derajat tertentu,” ujar Jokowi.

“Setiap vaksin dari produk yang berbeda memerlukan juga model distribusi yang berbeda. Inilah yang terus kita siapkan agar nanti daerah-daerah juga segera mendapatkan vaksin dan vaksinnya juga tidak rusak,” sambung Jokowi.

Jokowi mengatakan kelompok yang akan pertama kali divaksin adalah para tenaga medis dan TNI-Polri. Setelah itu, vaksinasi dilanjutkan terhadap ASN.

“Kemudian siapa yang akan divaksin terlebih dahulu? yang akan divaksin pertama adalah nanti tenaga kesehatan baik itu dokter, para dokter para perawat dan juga tenaga medis, paramedis yang ada. Itu yang diberikan prioritas Plus TNI dan Polri kemudian nanti baru ASN untuk pelayanan-pelayanan publik yang ada di depan, guru dan kemudian tentu saja kita semuanya,” ujar Jokowi.

Lantas kapan Jokowi bakal disuntik vaksin Corona? Jokowi mengaku siap jika diminta disuntik vaksin paling awal.

“Kalau oleh, kalau oleh, kalau oleh tim diminta saya yang paling depan, saya siap,” tutur dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here