Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorJokowi Tinjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin, Berharap Produksinya Bisa Atasi...

Jokowi Tinjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin, Berharap Produksinya Bisa Atasi Banjir dan Longsor

BOGOR DAILY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau , Jumat, (27/11/2020). Lokasi persemaian terletak di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Ini adalah sebuah lokasi pembibitan yang ingin kita persiapkan. Kita harapkan nanti tahun depan, 2021, sudah selesai dan sudah berproduksi,” kata Jokowi secara virtual.

Nantinya, 16 juta bibit akan diproduksi. Bibit-bibit tersebut akan didistribusikan ke lokasi atau wilayah yang sering mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

Pusat perbenihan akan dibangun di atas lahan 159,58 hektare. Lokasi ini akan dibagi menjadi zona perbenihan, zona kelola masyarakat, zona diklat, dan zona koridor pengembangan usaha.

Pembangunan menjadi permulaan dan percontohan bagi pengembangan serupa di sejumlah lokasi. Seperti Danau Toba (Sumatra Utara), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Kepala Negara turut meninjau laboratorium kultur jaringan. Jokowi juga meninjau kebun pangkas, shading house, dan propagation house.

Presiden ke-7 RI itu turut meninjau lokasi rencana pembangunan Pusat Perbenihan dan Riset Hutan Tropika Internasional. Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Hudoyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here