Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKisah Kristie Miss Indonesia 2006 Pindah Kewarganegaraan jadi Tentara AS

Kisah Kristie Miss Indonesia 2006 Pindah Kewarganegaraan jadi Tentara AS

BOGOR DAILY-Kristania Virginia Besouw atau akrab disapa dikenal sebagai Miss Indonesia 2006. pun pernah mewakili Indonesia di ajang Miss World 2006 yang digelar di Polandia.

Lama tak terdengar kabarnya, wanita Asal Manado, Sulawesi Utara ini ternyata sudah tak lagi menjadi WNI alias Warga Negara Indonesia. memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Amerika. Selain itu ia pun bergabung dengan US Army sejak 28 Oktober 2014.

Bagaimana cerita Miss Indonesia 2006 Kristania Virginia Besouw pindah kewarganegaraan ke Amerika Serikat?

meninggalkan Indonesia untuk terbang ke Los Angeles, Amerika Serikat, setahun setelah kemenangannya sebagai Miss Indonesia 2006. Dia berangkat ke AS dengan turis visa pada 2007, menyusul mamanya yang sudah lebih dulu tinggal di Negeri Paman Sam.

“Tujuannya memang untuk mulai hidup baru. Aku suka berpetualang, look for new opportunities and learn about life in general. Waktu itu mama sudah duluan tinggal di USA, jadi aku nggak susah ambil keputusannya,” tuturnya kepada Wolipop, Jumat (20/11/2020).

Setelah tinggal di Los Angeles, mengubah visa turisnya menjadi visa pelajar. Dia meninggalkan studinya di jurusan ekonomi Universitas Sam Ratulangi untuk kuliah jurusan keperawatan. Setelah dua tahun di Los Angeles, wanita kelahiran 7 Mei 1985 itu memutuskan pindah menetap di Kansas, Amerika Serikat karena biaya sekolah di kota tersebut lebih murah.

pun berhasil menyelesaikan studinya di jurusan keperawatan. Namun setelah meraih gelar Associate Degree in Nursing, dia tidak lulus untuk mendapatkan sertifikasi sebagai perawat.

“Buat aku dulu itu tesnya susah banget. Hambatan bahasa juga dan memang tesnya susah,” katanya.

Saat mencoba meraih sertifikasi sebagai perawat ini, tertarik mendaftar sebagai bagian dari tentara Amerika Serikat. Wanita 35 tahun itu mendaftar progam Military Accessions Vital to the National Interest (MAVNI) pada 2014. Dia mendaftar dengan visa pelajar yang saat itu dimilikinya.

“Prosesnya panjang, awal background checknya aja aku tunggu delapan bulan. Terus ke Basic Trainingnya 10 minggu (Start Oktober 2014). Susah banget karena waktu itu aku masuk umur 28 tahun, sementara majority calon prajurit yang lain berusia 19-24 tahun, tapi ada juga beberapa yang lebih tua (batas masuk Army umur 34 tahun). Tapi lulus juga, Alhamdulillah,” kenang Kristania Virginia Besouw.

Setelah lolos di tahapan pendaftaran, harus melalui tahapan berikutnya. Tahapan tersebut adalah harus pindah menjadi warga negara Amerika Serikat untuk menjadi tentara di negeri tersebut. Dia pun berpindah kewarganegaraan dari WNI menjadi warga AS pada 2014. Setelahnya, mulai menjalani pelatihan menjadi tentara AS.

Saat menjalani pelatihan menjadi tentara Amerika Serikat diakui Kristy tidaklah mudah. Dia merasa kesusahan menjalani tes fisik. Namun dengan tekad bulat, dia berhasil menyelesaikan latihan militer tersebut. Setelah selesai Basic Training, anak kedua dari tiga bersaudara itu langsung ditempatkan di Texas, Amerika Serikat selama empat tahun.

“Aku di Army sebagai Licenced Vocational Nurse, kerja di rumah sakit. Dalam empat tahun itu aku di promosi ke pangkat E-5 (Sergeant),” ujar wanita yang merupakan Miss Indonesia pertama itu.

Saat mendapat kesempatan menjadi perawat tentara Amerika Serikat ini, Kristy belajar dengan keras. Dia ingin mendapatkan sertifikasi sebagai perawat.

“Akhirnya lulus licensing buat Registered Nurse, lalu aku ambil kelas online, dibayarin Army, terus dapat Bachelor of Science in Nursing (BSN). Pas lulus BSN, aku selesai kontrak dengan Army,” jelas wanita yang merupakan Miss Indonesia pertama itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here