Saturday, 11 May 2024
HomeKota BogorKoperasi PWI Buka Unit Usaha di Pasar Induk Kemang

Koperasi PWI Buka Unit Usaha di Pasar Induk Kemang

BOGOR DAILY – Koperasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, Koperasi Jasa Wartawan Mandiri Sejahtera (KJWMS) membuka unit usaha di Pasar Induk Kemang, Kota Bogor.

Pembukaan unit usaha tersebut sebagai bagian kiprah koperasi dalam mengembangkan usaha di pasar tradisional serta memperkuat perekonomian para pelaku usaha.

Pembukaan unit usaha di Pasar Induk Kemang, Kota Bogor ditanda dengan penyerahan SK pengangkatan manajer unit usaha oleh Ketua Arihta Surbakti kepada Suyetno, Kamis (25/11/2020) di kantor PWI Jalan Kesehatan, Kota Bogor.

Menurut Ketua PWI Arihta Surbakti, meski usia berdirinya koperasi Jasa Wartawan Mandiri Sejahtera belum lama, namun tekad dan keinginan pengembangan usaha dari jajaran pengurus sangat kuat salah satunya dengan membuka unit usaha di Pasar Induk Kemang.

“Ini langkah yang kita dukung bersama, sebab dengan membuka unit usaha di pasar tradisional, maka keberadaan dan peran koperasi jelas sekali,” ujarnya.

Dijelaskan Arihta, dari hasil diskusi dan pembicaraan dengan berbagai pihak yang terlibat di pasar tradisional, seperti dengan Perumda Pasar Pakuan Jaya, ternyata keberadaan pasar tradisional harus diperkuat termasuk para pelaku usahanya yang sebagian besar pelaku usaha mikro dan kecil.

“PWI pernah pertemuan dengan direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya, ternyata banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk memperkuat pasar tradisional. Hal ini yang mendorong salah satunya agar PWI melalui koperasi yang dimiliki untuk membuka unit usaha di Pasar Induk Kemang,” kata Arihta.

Oleh karena itu, kata Arihta, diharapkan nanti dengan adanya unit usaha Koperasi Wartawan Mandiri Sejahtera di Pasar Induk Kemang, akan memberikan dampak positif dan berkontribusi untuk memajukan pasar tradisional.

Sementara, Ketua Koperasi Jasa Wartawan Mandiri Sejahtera Irwan Natsir menjelaskan, koperasi milik merupakan koperasi yang memiliki aspek legalitas dan hukum.

“Alhamdulillah koperasi milik PWI resmi karena berbadan hukum yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM, ada ijin yang diterbitkan Pemkot Bogor dan aspek legal lainnya,” jelasnya.

Sebagai lembaga perekonomian, maka Koperasi Jasa  Wartawan Mandiri Sejahtera mulai melakukan akitiftas usaha salah satunya dengan membuka unit usaha di pasar Induk Kemang.

”Hasil keputusan rapat koperasi, sebagai kontribusi dalam perekonomian masyarakat, maka dibuka unit usaha pasar induk Kemang,” kata Irwan Natsir.

Dipilihnya pasar induk Kemang sebagai salah satu unit usaha koperasi dengan pertimbangan karena pasar tradisional tersebut perlu didorong untuk berkembang dan maju.

“Sebenarnya nanti akan banyak unit usaha yang dibuka, bahkan untuk pasar sudah ada pembicaraan dengan Perumda Pasar Pakuan Jaya terkait rencana kerjasama di pasar pasar yang dikelola oleh perusahaan milik Pemkot Bogor,” ujar Irwan Natsir.

Sementara, manajer Koperasi  Jasa Wartawan Mandiri Sejahtera unit Pasar Induk Kemang Suyetno mengatakan, dengan adanya kehadiran koperasi wartawan di pasar induk Kemang, akan mencoba membantu para pelaku usaha agar bisa perekonomian mereka kuat dan maju.

Kata Suyetno, dengan adanya pembentukan Unit Usaha di Pasar Induk Kemang, maka akan dilakukan berbagai langkah agar operasional koperasi bisa segera terlaksana. “Komitmen PWI dan pengurus koperasi, kehadiran Unit Usaha memberikan manfaat,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here