Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorMau Tau Rumah Sehat itu seperti apa? Cek yuk Bareng Promosi Kesehatan...

Mau Tau Rumah Sehat itu seperti apa? Cek yuk Bareng Promosi Kesehatan dari RS Azra Bogor

BOGOR DAILY- Memiliki tentu jadi dambaan setiap orang. Tahukah kamu bahwa ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi dalam kategori .

Menurut Promosi Kesehatan Lingkungan Rhisma Hilda Prawita, S.Tr.KL, merupakan hunian yang mendukung penghuninya untuk dapat .

Adapun syarat kesehatan yang dimaksud bisa dilihat dari jamban, sarana air bersih, tempat pembuangan sampah dan limbah, ventilasi yang baik serta kepadatan rumah yang sesuai.

“Syarat itu antara lain tersedia air bersih, tersedia kamar mandi dan jamban, tersedia saluran pembuangan limbah, tersedia septic tank, tidak padat penghuni, ventilasi dan pencahayaan cukup serta memiliki struktur bangunan kokoh,”terangnya.

Rhisma menjelaskan, untuk syarat penyediaan air bersih maka pemilik rumah harus memastikan jarak antara sumber air bersih dengan tempat pembuangan sampah. Yakni kurang lebih 100 meter.

“Dengan air bersih ini tentu saja bisa mencegah penularan penyakit dan pencemaran lingkungan,”papar Rhisma

Sementara, untuk syarat kamar mandi dan jamban maka penting juga memperhatikan jarak antara sumber air dan jamban yang kurang lebih 20 meter.

Selain itu, tandon tempat penampungan juga perlu ada standarnya sedalam minimal satu meter.

“Manfaat tersedianya kamar mandi dan jamban agar kita bisa terhindar dari penyakit diare, kolera dan infeksi cacing,”terangnya.

Rhisma juga memaparkan mengenai keberadaan saluran limbah dan septictank. Menurutnya, kedua saluran tersebut penting untuk mengindari terjadinya pencemaran air, penularan penyakit serta membuat lingkungan menjadi lebih sehat dan nyaman.

“Untuk saluran limbah juga harus dibuat tertutup dan alirannya lancar. Begitu juga dengan septictank harus dibuat kedap dan tertutup,”tegasnya.

Tak cuma itu, sebagai hal ini juga tidak lepas dari struktur bangunan yang kokoh. Mulai dari konstruksinya, ketersediaan sarana pencegahan terjadinya kecelakaan sumur, kolam dan menyediakan alat pemadam kebakaran serta mengatur rumah agar tidak mudah terjadi kebakaran.

 

“Rumah tidak sehat itu pertama kotor, ruangan pengap dan lembab, asap dapur tidak keluar rumah, sampah menumpuk, kamar mandi dan tempat penampungan air tidak bersih, lantai kamar berlumut serta pakaian tidak disimpan pada tempatnya,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here