Friday, 19 April 2024
HomeBeritaMengenal Joan Mir, Sang Juara Dunia MotoGP 2020, Siapakah Dia?

Mengenal Joan Mir, Sang Juara Dunia MotoGP 2020, Siapakah Dia?

BOGOR DAILY – Joan Mir akhirnya sukses meraih gelar juara dunia 2020. Kepastian pembalap Tim Suzuki Ecstar, setelah menjalani balapan Valencia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020) malam WIB.

Meski ajang 2020 masih menyisakan satu seri balapan, tetapi posisi Mir di posisi puncak takkan tergoyahkan. Keberhasilan Mir menjadi seorang juara dunia 2020 pun menjadi kejutan besar. Lalu siapakah sosok Mir?

Mir sendiri merupakan pembalap yang baru tampil dua musim di kelas . Pada musim lalu, ia tampil sebagai rookie dan prestasinya terbilang biasa-biasa saja. Ia hanya duduk di posisi ke-12 dengan raihan 92 poin.

Pembalap berusia 23 tahun itu memulai karier dunia balap motor dengan berkompetisi selama dua musim di Red Bull Rookies Cup pada 2013 dan 2014. Pada ajang tersebut, Mir duduk di posisi kesembilan pada musim pertamanya dan finis kedua pada musim kedua.

Setelah itu, Mir melanjutkan karier penuhnya di FIM CEV kelas Moto3 pada 2015. Namun ia juga mendapat kesempatan tampil di Moto3 World Championship pada tahun yang sama dengan menggantikan Hiroki Ono di Leopard Racing untuk Australia 2020.

Ia pun baru memulai karier penuhnya di Moto3 pada 2016. Sayangnya, pada musim itu, Mir belum mampu tampil gemilang dengan mengakhiri balapan di posisi kelima. Tetapi, pada tahun berikutnya, Mir berhasil unjuk gigi dengan tampil konsisten dan akhirnya keluar sebagai juara dunia Moto3 2017.

Berkat prestasinya tersebut, pembalap kelahiran Palma, 1 September 1997 tersebut langsung naik kelas ke Moto2 pada 2018. Sayangnya, prestasi Mir juga terbilang biasa-biasa saja. Ia sendiri mampu dua kali naik podium ke posisi ketiga dan pada akhir musim finis di urutan keenam.

Walaupun prestasinya di kelas Moto2 selama satu tahun terbilang biasa-biasa saja, tetapi Mir berhasil membuat kejutan. Pada 2019, ia langsung naik ke kelas setelah pihak Suzuki merekrutnya untuk menggantikan peran Andrea Iannone.

Selama musim 2019, lagi-lagi performa Mir tak terlalu mengesankan. Hadir sebagai rookie, Mir punya hanya finis di urutan ke-12 pada akhir musim. Bahkan ia sendiri gagal memenangkan rookie of the year takluk dari Fabio Quartararo.

Namun pada musim ini, Mir membuat kejutan di kelas . Tampil konsisten sejak awal, Mir perlahan tapi pasti mampu mendongkrak ke posisi puncak dan mengukuhkan diri menjadi juara dunia 2020. Hingga seri ke-13, ia mengumpulkan 171 poin dengan koleksi satu kemenangan dan enam kali podium. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here