Menjadi Mualaf hingga Belajar Ngaji, Virgoun Dibully soal Hijrah

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Virgoun memutuskan untuk menjadi mualaf sejak beberapa tahun yang lalu. Ada imbas yang ia rasakan usai berpindah agama.

Virgoun mengatakan dirinya kerap disinggung soal hijrah. Namun tak hanya sekedar menerima nasehat, Virgoun merasa ada beberapa opini tentang hal tersebut yang membuatnya seperti dibully.

Read More

“(Soalnya) banyak yang udah kelewat banget (nasehatinnya), sok paling benar, (pakai) hashtag sekedar mengingatkan gitu-gitu, kan agak bikin bete ya,” ujar Virgoun dalam perbincangannya dengan Onadio di YouTube The Leonardos.

Ia merasa dirinya belum pantas disebut sudah hijrah. Memeluk Islam sejak 2014 hingga kini vokalis band Last Child itu mengatakan dirinya masih belajar agama.

“Karena gue lagi belajar (Islam), sebenarnya bukan kata hijrah sih kan gue lagi berjalan nih (terus mempelajari) cuma ntar arahnya ke mana ya terserah lu mau nuntun gue paling gue berhati-hati aja,” urai Virgoun lagi.

Hingga kini dirinya masih terus menggali soal Islam. Bahkan Virgoun mengatakan, dirinya kini masih belajar ngaji untuk dapat membaca Alquran. Ia pun mengikuti beragam kajian keagamaan di banyak tempat.

“Karena aliran (Islam) juga banyak, nashabnya juga banyak. Gue ntar tinggal milih, oh mau ngikutin ini, atau ini,” urai Virgoun.

Diungkapkan Virgoun, ia menjalin hubungan baik dengan berbagai kelompok agama Islam. Masing-masing dipetik ilmunya oleh Virgoun untuk mendalami agama.

“Ritualnya juga beda, kalau ngaji di tempat NU beda, kalau di tempat Salafi beda. Semua tapi nggak ada yang gue musuhin,” kisah Virgoun lagi.

Sejak jadi mualaf, Virgoun pun mengubah kebiasaan manggungnya. Tampil di atas pentas tak lagi hanya sekadar tampil menghibur bagi Virgoun. Bila dulu dirinya tak pandang bulu menerima tawaran manggung, kini dirinya berhenti tampil di kelab malam.

“Gue kan selalu mencari dua sisi nih, sisi religi dan sisi spiritual, gue tuh kan main musik bukan musik ingar bingar ya. Musik gue kan ballad slow, jadi ketika gue mainin lagu itu, mereka (yang nonton) lagi pada mabuk, jadi bengong. Mereka jadi sibuk sendiri di sofa mereka duduk,” kisahnya.

“Gue ngapain sih nyanyi, ngehibur orang mabok. Beda ketika gue main di acara kampus, gue bisa samperin penonton ajak nyanyi bareng (dapet feelnya). Jadi gue setop main di klub,” tukas Virgoun.

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *