Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorRS Ummi dan MER-C Akan Diselidiki Terkait Habib Rizieq Shihab

RS Ummi dan MER-C Akan Diselidiki Terkait Habib Rizieq Shihab

BOGOR DAILY – Aparat penegak hukum bakal memanggil pihak Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor, Jawa Barat, dan MER-C. Mereka akan dimintai keterangan soal Rizieq Shihab yang keluar dari .

“Dimintai keterangan mungkin hanya perlu data teknis. Tidak mesti dimintai keterangan lalu dinyatakan bersalah,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dalam konferensi pers di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta Timur, Minggu, (29/11/2020).

Mahfud mengatakan akan ditanya soal jam kedatangan dan kepergian Rizieq. Termasuk, siapa saja yang mengunjungi pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu.

Sedangkan, MER-C akan ditanya soal kredibilitas pengujian Covid-19. Berdasarkan catatan Mahfud, MER-C tidak punya laboratorium dan tidak terdaftar sebagai lembaga yang berwenang melakukan tes covid-19.

“Tidak harus dianggap melanggar undang-undang tapi dimintai keterangan harus datang dan harus kooperatif,” ujar Mahfud.

Satgas Covid-19 Kota Bogor melaporkan ke polisi. Laporan tersebut bernomor LP/650/XI/2020/JBR/POLRESTA BOGOR KOTA tertanggal 28 November 2020 atas terlapor Direktur , Andi Tatat.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago mengatakan diduga telah melakukan upaya menghalangi Satgas Covid-19. Sebab, swab tes terhadap pasien merupakan tugas dan kewajiban satgas.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengaku kecewa dengan adanya tes usap covid-19 yang dilakukan Rizieq Shihab. Menurut Bima pentolan Front Pembela Islam (FPI) tersebut melakukan tes tanpa sepengetahuan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Setelah ibadah salat Jumat, Rizieq Shihab melakukan tes usap tanpa memberi kabar ke pihak rumah sakit, dinkes, dan satgas covid-19 Kota Bogor. Harusnya tes tersebut disaksikan oleh Dinkes dan petugas satgas covid-19 Kota Bogor dan disepakati hasilnya dikirimkan ke mana,” kata Bima di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat, 27 November 2020.

Bima menjelaskan pihaknya mendapat informasi Rizieq Shihab melakukan tes usap dari pihak Mer-C dan hasilnya dikirimkan ke Mer-C di Jakarta. Pihaknya juga belum mendapatkan kepastian siapa yang menyelenggarakan tes usap terhadap Rizieq Shihab tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here