Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaduh Akun Media Sosial FPI Kena Suspend, Ini Alasan Twitter

Waduh Akun Media Sosial FPI Kena Suspend, Ini Alasan Twitter

BOGOR DAILY – Akun resmi Front Pembela Islam () di-suspend Twitter. Langsung ada tudingan macam-macam. Namun sebenarnya Twitter memberikan penjelasan.

Aneka hiruk pikuk dan kepulangan Habib Rizieq Shihab memasuki babak baru di mata netizen. Secara mengejutkan Twitter membekukan akun resmi .

Nampaknya ini jadi akumulasi setelah sebelumnya Twitter menilai akun melanggar aturan yang akibatnya logo mereka dihapus dari header.

Ayo kita lihat lagi duduk perkaranya:

1. Twitter suspen akun

Pada Jumat (20/11) pagi, diketahui kalau akun resmi Twitter yaitu @DPPFPI_ID. ditangguhkan (suspend) oleh Twitter. Informasi ini dapat dilihat ketika kita mengunjungi akun tersebut, halaman akun menampilkan keterangan bahwa akun ditangguhkan karena dianggap melanggar aturan Twitter.

Netizen tidak bisa melihat lagi postingan apapun dari . Penangguhan akun ini terjadi setelah sebelumnya terjadi pula penghapusan logo dan header di akun oleh Twitter.

Kejadian itu bersamaan dengan kepulangan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia pada Selasa (10/11). Para pendukung pun mengaku kesulitan memposting foto atau tweet untuk mendukung pimpinan itu.

2. tuding banyak yang tidak suka mereka

FPI lalu angkat bicara terkait akun mereka yang ditangguhkan Twitter. Menurut Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar banyak yang tak menyukai tindakan yang dilakukan FPI selama ini.

“Biasa kita adminnya sering di-suspend, ya menurut saya karena banyak yang tidak suka amar maruf nahi munkar FPI dan wajarlah,” ujar Aziz.

Aziz pun menyebut bahwa pada saat ini tim media sosial FPI sedang mengurus akun yang telah ditangguhkan oleh Twitter tersebut. Harapannya adalah akun tersebut bisa normal dan bisa digunakan kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Nanti juga beres lagi, udah biasa dan sering kok (ditangguhkan),” tambah Aziz.

3. Alasan Twitter tangguhkan akun FPI

Sebenarnya tanpa tudingan macam-macam pun, FPI dan netizen bisa dengan mudah mencari tahu alasan Twitter menangguhkan akun FPI. Jelas-jelas Twitter mengatakan akun FPI melanggar Aturan Twitter disertai pula tautan ke aturan yang dimaksud.

Kalau di-klik, netizen bisa membaca sendiri aturan yang dilanggar itu. Nampaknya, dalam aturan tersebut ada dua poin yang terkait dengan FPI yaitu:

  • Kekerasan
    Pengguna tidak boleh mengancam kekerasan terhadap seseorang atau sekelompok orang. Twitter juga melarang orang yang menyukai kekerasan.
  • Perilaku kebencian
    Pengguna tidak boleh mempromosikan kekerasan terhadap, mengancam, atau melecehkan orang lain atas dasar ras, etnis, asal kebangsaan, kasta, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas gender, afiliasi agama, usia, kecacatan, atau penyakit serius.

4. Twitter buka opsi pemulihan akun

FPI sebenarnya bisa meminta pemulihan akun. Berdasarkan situs resmi Twitter, pengguna dimungkinkan untuk membatalkan tangguhan (unsuspend) akun mereka.

“Anda mungkin dapat membatalkan penangguhan akun Anda sendiri. Jika Anda masuk dan melihat petunjuk yang meminta Anda untuk memberikan nomor telepon atau mengonfirmasi alamat email Anda, ikuti petunjuk untuk membatalkan penangguhan akun Anda,” tulis Twitter.

Pengguna mungkin diminta untuk memverifikasi informasi tertentu tentang profil sebelum melanjutkan. Lebih lanjut, pengguna bisa melakukan banding untuk membuat Twitter membatalkan suspend yang dilakukan pada akun. Terlebih jika Anda merasa bahwa Twitter sudah melakukan kesalahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here