Thursday, 25 April 2024
HomeBerita4 Point Pencapaian Kantor Pertanahan Kota Bogor Tahun 2020

4 Point Pencapaian Kantor Pertanahan Kota Bogor Tahun 2020

BOGORDAILY – Kota Bogor yang berada di Jalan Ahmad Yani No. 41 Kota Bogor melakukan Press Conference di Rumah Makan Saung Merak yang berada di Jl. Merak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, pada hari Rabu (30/12/2020).

Press conference yang bertemakan pencapaian kinerja Kota Bogor di Tahun 2020 dipimpin langsung Kepala Kota Bogor Erry Juliani Pasoreh, S. H., M. Si

Terdapat 4 point pencapaian Kota Bogor di Tahun 2020, yaitu Pembangunan Zona Integritas Kota Lengkap, Penyusunan Standar pelayanan publik, mendapat Award juara 3 besar Nasional dalam Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dengan kategori Unit Pengelola Pelayanan (UPP), Layanan pengaduan dari aplikasi SIMPANAH dan Zero Tunggakan.

Erry Juliani Pasoreh SH, M.Si, Kepala Kota Bogor (Ketiga dari Kiri) didampingi jajaran pejabat Kota Bogor saat melakukan Press Conference (Rabu, 30/12/2020). Foto : CJ/Dizza Bogordaily.net

Pada point pertama, Data Umum Pertanahan di Kota Bogor ada sebanyak 6 Kecamatan (68 Kelurahan), Luas Wilayah Kota Bogor 110,7 Km2, Perkiraan jumlah bidang tanah berdasarkan DHKP tahun 2018 sebanyak 257.801 dan tahun 2020 sebanyak 292.884. Jumlah bidang tanah yang terpetakan pada tahun 2020 sebanyak 303.791 dengan prosentase (103,72%).

Dengan pembangunan Kota Lengkap ini, harus membangun data bidang tanah terdaftar yang terpetakan dengan kwalitas KW1, valid, sesuai dengan kondisi senyatanya di lapangan serta melakukan pendaftaran tanah pertama kali untuk bidang-bidang tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah administrasi.

“Tim Kujang telah selesai melaksanakan Pembangunan Kota Lengkap yaitu sebanyak 68 kelurahan (6 kecamatan), sehingga menjadi Kota Bogor lengkap yang terpetakan seluruhnya,” Ucap Kepala Kota Bogor Erry Juliani Pasoreh, S. H., M. Si.

Point kedua, layanan pertanahan pada masa new normal dianjurkan menggunakan layanan online atau elektronik untuk membatasi interaksi langsung antara pengguna layanan dan pelaksana layanan.

“Pengguna dan masyarakat tetap dapat melakukan pengaduan dan konsultasi yang hasilnya akan didokumentasikan dan dapat diakses berdasarkan permintaan,” Ucapnya.

Point ketiga yaitu, layanan pengaduan dari aplikasi
SIMPANAH terbukti efektif dan efisien dalam merespon dan menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan masyarakat secara cepat, tepat dan transparan.

“Karena simpanah, Kota Bogor mendapat Awarding Top Inovasi Pelayanan Publik, Inovasi Penanganann Covid-19 dan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2020,” Lanjutnya.

Untuk akhir tahun 2020, Kota Bogor bertekad untuk menuju Zero Tunggakan. agar tidak adanya lagi tunggakan pekerjaan yang belum selesai di tahun 2020 maupun tahun sebelumnya. Dengan demikian semoga pelayanan publik di Kota Bogor semakin maju dan modern berstandar dunia.

“Saat ini, zero tunggakan telah berhasil
dilaksanakan, dengan berhasilnya zero tunggakan, maka di tahun 2021 jajaran Kantor Pertanahan Kota Bogor dapat fokus terhadap program atau
target yang akan dilaksanakan,” Tutup Erry dengan raut gembira.

(Red-Shandra-BDN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here