Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaAwan Panas Gunung Semeru Kembali Menyembur

Awan Panas Gunung Semeru Kembali Menyembur

BOGOR DAILY –  kembali mengeluarkan guguran . Luncuran terjadi dengan jarak luncur 3,5 km tersebut mengarah ke tenggara atau kawasan curah kobokan.

Luncuran tersebut masih jauh dari pemukiman warga. Dari data pos pengamatan gunung api (PGA) Semeru periode 13 Desember pukul 00.00-06.00, Gunung mengeluarkan letusan 3 kali, guguran satu kali , hembusan satu kali, tremor harmonik satu kali, tektonik lokal satu kali dan tektonik jauh satu kali. Status gunung api tertinggi di pulau Jawa itu masih waspada level II.

mengeluarkan guguran sejauh 3,5 km dari puncak sekitar pukul 01.00 WIB. Status masih waspada level II ” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo kepada detikcom, Minggu (13/12/2020).

Wawan mengimbai untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius satu kilometer dan wilayah sejauh empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan kawah aktif gunung  sebagai jalur luncuran .

Selain itu, Wawan juga berpesan agar warga tetap mewaspadai potensi guguran, guguran lava, dan lahar hujan di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak gunung.

“BPBD mengimbau kepada masyarakat di sekitar gunung agar tidak melakukan aktivitas sejauh 4 kilometer di sektor lereng selatan-tenggara serta mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan bajir lahar,” tandas Wawan.

(iwd/iwd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here