Thursday, 9 May 2024
HomeBeritaBeli Mobil Akhir Tahun Banyak Diskon, Ini Cara Nego biar Dapat Murah

Beli Mobil Akhir Tahun Banyak Diskon, Ini Cara Nego biar Dapat Murah

BOGOR DAILY- Akhir tahun menjadi kesempatan bagi Anda yang ingin berburu dengan harga lebih murah. Sebab, diskon akhir tahun dari dealer biasanya besar. Di akhir tahun, dealer bisa memberikan potongan harga hingga puluhan juta rupiah.

Dealer biasanya memberikan diskon akhir tahun untuk menghabiskan stok tahun 2020 sebelum masuk 2021. Besaran diskon akhir tahun memang tidak bisa dipastikan. Menurut pengamat otomotif Bebin Djuana, itu dikembalikan ke masing-masing dealer merek otomotif dalam menentukan diskon mobilnya.

“Ini kan ngomong jujurnya dengan kondisi kepepetnya masing-masing. Kepepetnya maksudnya gini, misalnya merek A model B, stoknya masih banyak sekali pasti dia akan potong besar. Berapa besarnya kita nggak tahu, itu kan kebijakan masing-masing,” kata Bebin.

“Terus merek yang sama, modelnya model C, di dealer tersebut stoknya tinggal 5, mungkin dia akan memiliki pertimbangan kasih diskon sekian saja lah (lebih kecil),” sambungnya.

Bebin melihat, momen akhir tahun ketika dealer menghabiskan stok tahun 2020 menjadi kesempatan untuk konsumen melakukan tawar-menawar diskon harga . Apalagi jika dealer tersebut masih memiliki stok banyak, diskon yang diberikan bisa besar.

“Dalam hal ini sebagai pembeli ya ini kesempatannya-lah untuk bargaining (tawar-menawar diskon ). Karena ngomong jujur bargaining power ada di konsumen, di akhir tahun bargaining power ada di konsumen,” ujar Bebin.

“Jadi jangan terlalu mengikuti ritmenya salesman. Biar salesman yang mengikuti ritme Anda.”

Tapi, bukan berarti Anda bisa menawar diskon secara sadis. Kalau menawar diskon tidak wajar, sudah pasti akan ditolak.

“Di situlah seninya bargaining, tawar-menawar. Anda bisa saja tawar (diskon ), (dealer) mau (kasih) nggak. Kalau nggak mau, saya (konsumen) pindah ke dealer lain, misalnya. Kan yang jualan merek A tipe B ini kan nggak cuma situ,” ujar Bebin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here