Friday, 26 April 2024
HomeBeritaCerita Rizal Ramli, Jokowi Datang ke Kantornya Minta Tolong Terkait Proyek MRT...

Cerita Rizal Ramli, Jokowi Datang ke Kantornya Minta Tolong Terkait Proyek MRT Jakarta

BOGOR DAILY – Pengamat Ekonomi punya kenangan tersendiri dengan Presiden Jokowi.

Dia menceritakan awal perkenalannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan jika dulu, Jokowi pernah datang ke kantornya untuk minta tolong.

Kisah awal perkenalan dengan Jokowi itu diceritakan ketika mantan Menko Perekonomian itu diwawancarai oleh Karni Ilyas. Video percakapan tersebut diunggah di Youtube oleh Channel Karni Ilyas Club pada 23 Oktober 2020 lalu.

Rizal mengatakan bahwa ketika itu Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta. Jokowi datang menemui untuk meminta bantuan menyelesaikan masalah proyek MRT.

Menurut Rizal, Jokowi saat itu ingin proyek MRT bisa jalan. Namun nilainya terlalu mahal, sehingga perlu negosiasi ulang dengan pihak Japan International Cooperation Agency (JICA).

“Saya tidak punya hubungan di luar negeri, minta tolong mas Rizal bantu negosiasi,” kata Rizal menirukan permintaan Jokowi waktu itu.

Seminggu kemudian, Rizal mengaku bertemu dengan pimpinan JICA di New York karena sama-sama menghadiri sebuah pertemuan di PBB.

Rizal lantas menyampaikan kepada JICA bahwa proyek MRT yang ada di Jakarta nilainya terlalu mahal. Ia meminta agar pihak JICA mengirim tim ke Jakarta untuk bernegosiasi kembali. Permintaan Rizal tersebut langsung disetujui.

“Dari New York saya telepon, ‘Mas Jokowi, hoki banget, nih. Baru minta tolong saya seminggu, bosnya JICA sudah setuju. Minggu depan ada tim negosiasi'. Akhirnya MRT jalan,” ujar Rizal.

Setelah itu, Rizal mengaku didatangi oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Rizal ditawari menjadi komisaris MRT.

“Ahok, saya itu gak nyari kerjaan, gue sibuk. Kalo Jokowi perlu gue, datang kesini gue cariin solusi,” ujar Rizal menolak tawaran Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here