Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaDisbudpar Kabupaten Bogor Wadahi Pementasan Bakat Seni dengan Virtual

Disbudpar Kabupaten Bogor Wadahi Pementasan Bakat Seni dengan Virtual

BOGOR-DAILY – Dinas Budaya dan Pariwisata () Kabupaten Bogor terus mewadahi pegiat seni di Kabupaten Bogor, untuk meningkatkan kualitas pegiat seni meski di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan pementasan seni yang biasanya dilakukan di tempat wisata, hari besar dan agenda lainnya yang bisa menghadirkan orang banyak, belakang ini karena covid-19 mewadahinya dengan virtual yang bekerjasama dengan Diskominfo.

“Inisiatif dari Kadis untuk mewadahi secara virtual, yang biasanya kegiatan Pementasan Kesenian diadakan di tempat wisata, di kegiatan hari besar dan beberapa kegiatan lainnya, namun saat masa pandemi kegiatan tersebut tidak diperbolehkan,” kata Kasi Kesenian bidang kebudayaan, Heni Widyawati.

Pementasan virtual ini dilakukan melalui Instagram dan akun YouTube dan Diskominfo.

Sejak September hingga Selasa (1/12/2020) telah menampilkan 16 Sanggar seni dari 20 sanggar seni yang ada di Kabupaten Bogor.

“Alhamdulillah ini sudah yang ke 16 pementasan oleh Sanggar Seni Gita Persada Kecamatan Ranca Bungur Kabupaten Bogor dari. Ada 20 Pementasan oleh 20 sanggar seni di Kabupaten Bogor yang sudah terdaftar di Kabupaten Bogor mengisi pementasan virtual tersebut,” ungkapnya

Agenda tersebut dilakukan satu Minggu 2 kali pada Selasa dan Kamis, mengingat waktu yang sempit dan Sanggar seni yang lumayan banyak di kabupaten Bogor.

“Awalnya seminggu sekali, namun melihat sanggar yang masih belum kebagian pementasan, akhirnya diadakan seminggu 2 kali, Selasa dan Kamis
Selasa (Ngobras) Ngobrol Bahasa Sunda agendanya ngobrol tentang sanggar yang ditampilkan, Kamis Nyunda lebih berkesenian Sunda dan berbahasa Sunda,” kata ia melanjutkan.

Di masa pandemi seperti ini melakukan pembatasan untuk pementas dan tetap menjaga protokol kesehatan saat pementasan.

“Paling banyak 9 orang penampilan untuk sekali pementasan yang biasanya bisa sampai 20 orang,” ujarnya.

Tidak hanya itu, untuk menghargai prestasi para pegiat seni yang melestarikan kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Bogor, berikan insentif untuk setiap pementasan

“Untuk meningkatkan prestasi mereka, kita juga apresiasi dengan memberikan uang insentif setiap pementasan,” pungkasnya. (Egi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here