Monday, 13 May 2024
HomeBeritaIni Skenario KPU Bogor soal Pemekaran Bogor Barat

Ini Skenario KPU Bogor soal Pemekaran Bogor Barat

BOGOR DAILY- pasca penyerahan dokumen persetujuan bersama Gubernur Jawa Barat dan DPRD Provinsi Jawa Barat kepada pemerintah pusat diwakili Kementerian Dalam Negeri, Selasa 15 Desember 2020, giliran KPU Kabupaten Bogor yang mulai menyiapkan rancangan untuk pengisian calon legislatif.

KPU Kabupaten Bogor juga menyusun skenario dalam  menentukan komposisi dapil di Daerah Oonomi Baru () . Hal itu dikatakan anggota KPU kabupaten Bogor divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, Herry Setiawan.

“KPU Bogor sedang melakukan pematangan berbagai skenario untuk mengisi kursi DPRD di daerah otonom baru termasuk distrik magnitude atau pembagian dapil DPRD kabupaten Bogor dan kabupaten Bogor Barat,” ujar Herry.

Dalam skenario itu nantinya DPRD Kabupaten Bogor Barat akan diisi 50 kursi dari Dapil 4 dan 5. Jika kurang akan diisi oleh caleg perolehan suara terbanyak pada urutan peringkat berikutnya sampai memenuhi kuota 50 kursi.

“Sementara itu untuk kursi DPRD Kabupaten Bogor induk yang akan ditinggalkan anggota legislatif dari dapil 4 dan 5 akan diisi oleh caleg DPRD suara terbanyak pada urutan peringkat berikutnya dari dapil 1, 2, 3 dan 6 sampai terpenuhi kuota 55 kursi,” imbuh Herry.

Terkait dengan pemekaran Bogor Barat KPU tetap memantau perkembangan aktual yang terjadi setelah penyerahan dokumen persetujuan bersama gubernur Jawa Barat dan DPRD Provinsi Jawa Barat kepada pemerintah pusat yang masih berproses hingga tiga tahun ke depan.

“Terkait pemekaran Bogor Barat sendiri, KPU tetap memantau apapun perkembangan yang terjadi antara pemkab Bogor, pemprov Jabar dan pemerintah pusat melalui Kemendagri. Kaitan KPU hanya pada persiapan skenario jika segera dibentuk DPRD persiapan di Bogor Barat,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here