Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaIPB University Kampus Terinformatif. Ekslusif bersama Arif Satria Rektor IPB.

IPB University Kampus Terinformatif. Ekslusif bersama Arif Satria Rektor IPB.

BOGOR DAILY – menjadi Perguruan Tinggi Negeri paling informatif selama tiga tahun berturut turut. Sejak 2018 sampai 2020 predikat bergengsi berdasarkan penilaian Komisi Informasi Pusat (KIP) itu masih terus dipertahankan.

Lewat bincang santai bersama Bogordaily.net di Gedung Andi Hakim Nasution, Rektor IPB Prof Dr Arif Satria blak blakan soal awal mula tercetusnya gagasan untuk melakukan transformasi digital hingga meraih predikat kampus terinformatif.

Arif menjelaskan bahwa pihaknya menginginkan adanya infrastruktur IT yang berkualitas yang menunjang aktivitas mahasiswa dalam mengakses informasi. Salah satunya melalui aplikasi IPB mobile.

“Kami mencoba membangun infrastruktur IT yang bagus, membuat sistem informasi, serta mengintegrasi informasi, sehingga mahasiswa, dosen, orang tua, pegawai dan alumni bisa mengecek apapun seputar IPB hanya lewat gadget, “ucap Rektor Prof Dr Arif Satria.

Apalagi, lanjut Satria di era pandemi seperti saat ini. Kemudahan dalam akses informasi menjadi kepatutan yang perlu dimiliki dan bisa diakses oleh semua keluarga besar IPB.

Aplikasi IPB mobile ini bisa diunduh sesuai kategori seperti, IPB mobile for Lecture, IPB mobile for Student, IPB mobile for Parents dan IPB mobile for Staff.

“Adapun aplikasi IPB Innovation yang isinya informasi tentang segala inovasi kami secara lengkap, jadi sekali buka aplikasi tersebut, keluar semua tentang inovasi kami, ” ucapnya.

Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan beasiswa, melakukan izin penelitian, melakukan survey, dan membuat surat keterangan mahasiswa maka semua itu dapat dilakukan dengan satu aplikasi saja.

“Kalau ditotal ada 30 ribu mahasiswa yang dapat mengakses sekitar kurang lebih 160 layanan yang dapat digunakan. Jadi, tidak usah lagi mahasiswa datang ke kampus, kecuali butuh tanda tangan basah saja, ” lanjutnya.

Inovasi terbaru yaitu, adanya aplikasi Digitani yang akan membantu para petani untuk berkonsultasi.

“Yang paling baru kami ada aplikasi Digitani yang dapat memberikan konsultasi secara gratis jika para petani mempunyai masalah, “ungkapnya.

(Shandra).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here