Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaJokowi Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh

Jokowi Masuk Daftar 50 Muslim Berpengaruh

BOGOR DAILY-Daftar 50 muslim teratas dalam daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh tahun 2021 sudah dipublikasikan. Ada tiga orang Indonesia yang masuk The Top 50.
Dilansir dari situs resmi The Muslim 500, seperti yang dirilis detikcom pada Selasa (15/12/2020), nama paling atas adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Adapun tiga orang Indonesia yang masuk 50 besar, yakni Presiden Joko Widodo (), Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, dan ulama/anggota Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya.

Erdogan menempati urutan pertama pada tahun ini dan menyalip Raja Salman bin Abdulaziz (Raja Arab Saudi). Pada tahun 2020, Erdogan berada di peringkat ke-6 dan Raja Salman berada pada posisi ke-4. Adapun sosok yang tahun lalu menempati posisi nomor satu adalah pemimpin Deobandi Sheikh Muhammad Taqi Usmani, kini di posisi ke-5.

Sementara Presiden menempati urutan ke-12. Pada tahun sebelumnya ada di peringkat 13. Sementara Said Aqil berada di posisi ke-18 dan Habib Lutfi berada di peringkat 32.

Daftar 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2021 diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, bermarkas di Amman, Yordania.

RISSC merumuskan bahwa adalah muslim yang menimbulkan dampak terhadap dunia muslim. Dampak ini bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here