Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKeberadaan Vaksin Covid-19 Diyakini Bisa Pulihkan Ekonomi

Keberadaan Vaksin Covid-19 Diyakini Bisa Pulihkan Ekonomi

BOGORDAILY – Sejumlah elemen masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 menaruh harap terhadap kehadiran vaksin. Mereka optimistis vaksinasi Covid-19 dapat memulihkan kembali perekonomian yang sempat terpukul akibat wabah yang telah berlangsung 9 bulan di Indonesia.

Pengusaha batik asal Lasem, Jawa Tengah, Priscilla Renny mengaku sangat menunggu kehadiran . Pasalnya, pandemi memukul banyak pengusaha seperti dirinya. Penjualan merosot tajam dan memaksa para pengusaha UMKM.

Pengusaha Sarung Batik Tiga Negeri ini mengaku meskipun memaksanya untuk bertransformasi digital dan mulai terbiasa, dirinya tetap menanti kehadiran vaksin agar kegiatan ekonomi pulih.

“Saya sangat mendukung sekali program pengadaan vaksin ini. Saya yakin Pak Jokowi akan segera memberikan vaksin untuk kami semuanya,” ujarnya pada Dialog Produktif bertema ‘Vaksin: Harapan Kembali Produktif' yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (2/12).

Senada diungkapkan Aditya Santosa. Pilot maskapai penerbangan nasional yang banting setir berjualan online ini pun berharap pendistribusian vaksin bisa dilakukan secepatnya, sehingga perekonomian kembali pulih dan penerbangan kembali normal.

“Roda perekonomian itu salah satunya mengandalkan transportasi udara. Saya yakin dan optimis kalau nanti vaksin sudah tersertifikasi dan didistribusikan, mampu memulihkan transportasi udara dan roda ekonomi,” ujarnya.

Kucurkan Dana PEN

Selain berupaya mengadakan vaksin untuk menekan penularan Covid-19, pemerintah juga terus berupaya memulihkan perekonomian nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

Berbagai bantuan dan stimulus direalisasikan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hingga 25 November 2020, realisasi anggaran PEN mencapai Rp431,54 triliun atau setara 62,1 persen dari total anggaran PEN yang mencapai Rp695,2 triliun.

Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional atau Satgas Covid-19 mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan sambil menunggu kehadiran vaksin.

Juru Bicara #SatgasCovid19 Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa protokol kesehatan yang terdiri dari perilaku #pakaimasker #cucimuka dan #jagajarak harus diterapkan seluruh pihak demi mencegah penularan lebih lanjut dari virus corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here