Koperasi Permata Tunas Indonesia Sosialisasikan Pembentukan Unit Kecamatan Ciampea

  • Whatsapp
Pemberian SK Koperasi oleh koperasi pusat di Kantor Sekretariat Koperasi unit ciampea, Sabtu (05/12/2020)

BOGOR DAILY – Sosialisasi pembentukan Koperasi Tunas Indonesia untuk unit Kecamatan Ciampea berlangsung di Kantor Sekertariat Koperasi Permata Tunas Indonesia Unit Ciampae di Jl. Raya Cikampak, Perum Puri Arraya Blok BE 14 Desa Cicadas, Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, Sabtu (05/12/2020).

Sebanyak 13 perwakilan Desa, Perwakilan Kecamatan Leuwisadeng dan 4 pengurus Pusat Koperasi Permata Tunas Indonesia turut menghadiri acara tersebut.

Read More

4 orang yang Hadir dari koperasi pusat di antarnya Suroto sebagai narasumber sekaligus perwakilan pusat, untuk menyerahkan SK pengukuhan kepengurusan Unit Kecamatan Ciampea didampingi oleh Bendahara koperasi Pusat Ugi Asrianto, Murni bin Kholil sebagai Ketua Pemberdayaan UPM (usaha perekonomian Masyarakat) perempuan dan Entang Suhanda Ketua Logistik.

Format kepengurusan Koperasi permata Tunas Indonesia Unit Kecamatan Ciampea sendiri yakni, Ketua Koperasi Unit: Fhebio Testyano, S.M, Wakil Ketua: Ees Fauzi, Sekretaris: Ujang Supriatna, Bendahara: Aisyah.

“Sosialisasi pengukuhan koperasi ini merupakan salah satu cara koperasi membantu masyarakat memahami koperasi agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar kecamatan Ciampea,” kata Suroto.

Ia menyampaikan informasi dan materi tentang perkoperasian kepada Ketua Unit Koperasi Ciampea dan kepada seluruh perwakilan dari desa di wilayah Kecamatan Ciampea.

Program Ekonomi Rakyat serta Program Warung UPM (usaha perekonomian masyarakat) berbasis teknologi atau aplikasi penjualan sembako murah, merupakan program prioritas untuk anggota koperasi nantinya.

“Tujuan sosialisasi agar calon anggota koperasi mengetahui tentang koperasi, apa itu koperasi, bagaimana ikut dalam koperasi, hak dan kewajiban anggota dan hal-hal lain terkait koperasi,” ia meneruskan

Para perwakilan dari desa dan kecamatan Leuwisadeng sangat antusias mengikuti jalannya acara tersebut, hal tersebut dilihat dalam sesi diskusi beberapa mitra aktif mengutarakan pertanyaan kepada narasumber.

“Mereka pun sesekali menyampaikan pendapat, usulan serta harapan kepada narasumber agar pemerintah khususnya Dinas Koperasi dan UMKM mendukung dan membantu masyarakat kecil lewat koperasi dengan memberikan program-program yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil khususnya,” ungkapnya

Selain itu, Koperasi Cabang Ciampea pun akan mendirikan koperasi dari tingkat desa yang sudah berbadan hukum yaitu calon pengurus dan anggota koperasi mengadakan rapat. Untuk membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi yang memuat nama dan tempat, kedudukan, maksud dan tujuan, bidang usaha, keanggotaan, rapat anggota, pengurus dan pengawas serta Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi.

Ia berharap dengan sosialisasi ini perwakilan yang hadir yang merupakan calon anggota koperasi memahami bagaimana mendirikan koperasi berbadan hukum.

“Harapan saya mereka mengerti tentang koperasi dan berkoperasi, agar kedepannya setelah terbentuk tidak ada permasalahan karena ketidakpahaman anggota mengenai koperasi. Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kita bersama untuk membentuk koperasi berbadan hukum secepatnya tercapai. Memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, Aamiin,” pungkasnya. (Egi)

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *