Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKoperasi Permata Tunas Indonesia Sosialisasikan Pembentukan Unit Kecamatan Ciampea

Koperasi Permata Tunas Indonesia Sosialisasikan Pembentukan Unit Kecamatan Ciampea

BOGOR DAILY – Sosialisasi pembentukan Tunas Indonesia untuk unit Kecamatan Ciampea berlangsung di Kantor Sekertariat Permata Tunas Indonesia Unit Ciampae di Jl. Raya Cikampak, Perum Puri Arraya Blok BE 14 Desa Cicadas, Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, Sabtu (05/12/2020).

Sebanyak 13 perwakilan Desa, Perwakilan Kecamatan Leuwisadeng dan 4 pengurus Pusat Permata Tunas Indonesia turut menghadiri acara tersebut.

4 orang yang Hadir dari pusat di antarnya Suroto sebagai narasumber sekaligus perwakilan pusat, untuk menyerahkan SK pengukuhan kepengurusan Unit Kecamatan Ciampea didampingi oleh Bendahara Pusat Ugi Asrianto, Murni bin Kholil sebagai Ketua Pemberdayaan UPM (usaha perekonomian Masyarakat) perempuan dan Entang Suhanda Ketua Logistik.

Format kepengurusan permata Tunas Indonesia Unit Kecamatan Ciampea sendiri yakni, Ketua Unit: Fhebio Testyano, S.M, Wakil Ketua: Ees Fauzi, Sekretaris: Ujang Supriatna, Bendahara: Aisyah.

“Sosialisasi pengukuhan ini merupakan salah satu cara membantu masyarakat memahami agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar kecamatan Ciampea,” kata Suroto.

Ia menyampaikan informasi dan materi tentang perkoperasian kepada Ketua Unit Koperasi Ciampea dan kepada seluruh perwakilan dari desa di wilayah Kecamatan Ciampea.

Program Ekonomi Rakyat serta Program Warung UPM (usaha perekonomian masyarakat) berbasis teknologi atau aplikasi penjualan sembako murah, merupakan program prioritas untuk anggota koperasi nantinya.

“Tujuan sosialisasi agar calon anggota koperasi mengetahui tentang koperasi, apa itu koperasi, bagaimana ikut dalam koperasi, hak dan kewajiban anggota dan hal-hal lain terkait koperasi,” ia meneruskan

Para perwakilan dari desa dan kecamatan Leuwisadeng sangat antusias mengikuti jalannya acara tersebut, hal tersebut dilihat dalam sesi diskusi beberapa mitra aktif mengutarakan pertanyaan kepada narasumber.

“Mereka pun sesekali menyampaikan pendapat, usulan serta harapan kepada narasumber agar pemerintah khususnya Dinas Koperasi dan UMKM mendukung dan membantu masyarakat kecil lewat koperasi dengan memberikan program-program yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil khususnya,” ungkapnya

Selain itu, Koperasi Cabang Ciampea pun akan mendirikan koperasi dari tingkat desa yang sudah berbadan hukum yaitu calon pengurus dan anggota koperasi mengadakan rapat. Untuk membahas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi yang memuat nama dan tempat, kedudukan, maksud dan tujuan, bidang usaha, keanggotaan, rapat anggota, pengurus dan pengawas serta Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi.

Ia berharap dengan sosialisasi ini perwakilan yang hadir yang merupakan calon anggota koperasi memahami bagaimana mendirikan koperasi berbadan hukum.

“Harapan saya mereka mengerti tentang koperasi dan berkoperasi, agar kedepannya setelah terbentuk tidak ada permasalahan karena ketidakpahaman anggota mengenai koperasi. Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kita bersama untuk membentuk koperasi berbadan hukum secepatnya tercapai. Memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, Aamiin,” pungkasnya. (Egi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here