Friday, 29 March 2024
HomeBeritaLayanan Endoskopi Aman selama Pandemi di Bogor Senior Hospital

Layanan Endoskopi Aman selama Pandemi di Bogor Senior Hospital

BOGORDAILY – BSH atau tetap melayani pasien yang memerlukan layanan Endoskopi aman selama pandemi Covid-19. Dokter David Widjaja, MD pun langsung angkat bicara.

Sebagai dokter yang merupakan lulusan dari Diplomate of American Board of Internal Medicine, Geriatric Medicine and Gastroenterology Ahli Penyakit Dalam dengan Subspesialisasi Gastroenterologi (saluran pencernaan) dan Geriatri (kedokteran lansia). Dirinya mengemukakan bahwa banyak pihak yang bertanya, apakah tetap menerima pasien Endoskopi dan saat melakukan tindakan Endoskopi tersebut, apakah bisa menyebabkan penularan Covid-19.

“Ya, Kami mempunyai data yang menunjukan bahwa penyebaran virus corona bisa melalui fases dan juga cairan tubuh. Tapi kami sebagai institusi di Bogor tentunya akan tetap melayani endoskopi yang emergency dengan prosedur yang aman.” jawab David Widjaja, MD.

Kami menjamin keamanan, hal terpenting yang harus dilakukan pertama yaitu screening apakah ada indikasi pasien terkena Covid-19 dan yang harus kami perhatikan adalah indikasi bahwa pasien tersebut membutuhkan tindakan, apalagi pasien emergency pasti akan kami tolong. Ini semua untuk membuat pasien safety mendapatkan layanan medis Endoskopi di .

Tidak menutup kemungkinan jika pasien positif Covid-19 dan harus segera dilakukannya Endoskopi, maka akan tetap membantu pasien dalam menjalankan tujuan pengobatan.

Selain itu, dilakukannya screening bagi pengunjung maupun pasien sudah disediakan di pintu masuk utama. Pada saat melayani, petugas juga tetap memakai Alat Pelindung Diri atau APD yang sesuai standart untuk menjaga keamanan pasien.

“Pasien tidak perlu khawatir, karena memiliki peralatan yang higienis saat melakukan tindakan Endoskopi.” Papar Dokter David Widjadja, MD.

“Peralatan yang digunakan saat melakukan tindakan Endoskopi sebelumnya sudah kami lakukan pembersihan sesuai standart. Apalagi sedang pandemi, kami harus benar-benar melakukan pembersihan secara maksimal,” ucapnya

Yang paling penting, Bogor Senior Hospital memiliki Negative Presure atau tekanan negatif untuk tindakan Endoskopi yang dilengkapi oleh Hepafilter. Sehingga tindakan ini aman bagi pasien maupun tenaga medis.

Setelah dilakukannya Endoskopi, pasien akan melakukan pemulihan di tempat yang bertekanan negatif.

“Setelah endoskopi, pemulihan dilakukan di tempat yang bertekanan negatif, selanjutkan akan dipindahkan ke ruangan lainnya setelah kurang lebih 30 menit,” ujarnya.

Jeda antara pasien lumayan cukup panjang sehingga tidak terjadi Cross Reaction antara pasien sebelumnya dengan pasien yang akan masuk ke ruangan dan melakukan Endoskopi.

“Bogor Senior Hospital mempunyai komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup dan warga Bogor, oleh karena itu kami selalu siap memberikan pelayanan Endoskopi kepada semua pasien, baik yang positif Covid, maupun yang negatif.” Tutup Dokter David Widjadja, MD.

(cj).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here