Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMenutup Tahun 2020, Kelurahan Babakan Akan Gelar Panen Raya

Menutup Tahun 2020, Kelurahan Babakan Akan Gelar Panen Raya

Bogor Daily-Menutup tahun 2020 Kecamatan Bogor Tengah akan menggelar panen raya sayur mayur di area Kebun Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga RW 01.

“Rencananya panen akan dilaksamakan pada Rabu, (30/12/2020), “kata Lurah Babakan, Mohammad Arifin di Kantornya Senin (27/12/2020)

Arifin mengatakan, panen sayur mayur tersebut adalah rangkaian dari program bersama Tim Penggerak (TP) PKK setempat yakni sebuah inovasi di tengah pandemi Covid-19 yang diberi nama BASIPA (Babakan Siaga Pangan)

Lurah Babakan Mohammad Arifin (kiri) meninjau lokasi tanaman Hidroponik di Kebun KWT Kenanga Babakan

Panen rencananya akan dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Anas S.Rasmana, Camat Bogor Tengah Abdul Wahid, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Bogor Iceu Pujiati, anggota DPRD Kota Bogor Anna Mariam Fadillah, Ketua TP. PKK Kecamatan Bogor Tengan dan Ketua TP.PKK .

Seperti diketahui, kata Arifin, pada 10 Oktober lalu telah meluncurkan program BASIPA.

“Melalui BASIPA warga Babakan kini memperkenalkan kembali arti berkebun, “ujar Arifin di Kantornya Jum'at (25/12/2020)

Lanjut Arifin, lahan yang tadinya kurang terawat disulap, ditanami dengan tanaman produktif seperti sayur -mayur dan tanaman obat. “Tak hanya itu juga dilengkapi dengan tanaman Hidroponik, budidaya lebah Trigona dan Budikdamber (Budidaya Ikan dalam ember), “papar Lurah Babakan yang akrab disapa Broai.

Broai menyebutkan, sejak BASIPA diluncurkan kaum ibu yang tergabung dalam KWT Kenanga RW 01 bersama kaum bapak warga setempat setiap hari bersemangat menggarap kebun.

“Program BASIPA juga merupakan realisasi dari program “Bogor Berkebun”, yang telah dicanangkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.
BASIPA adalah program Urban Farming atau pertanian perkotaan.

“Kita meluncurkan BASIPA bukan karena ikut-ikutan kelurahan lain yang berlomba-lomba membangun Kebun KWT, tapi ini adalah Urban Farming Babakan, “kata Arifin

Dia menuturkan, kebun pangan itu digarap di lahan milik Kepala DPMPPA Kota Bogor Iceu Pujiati. “Ibu Iceu yang bertempat tinggal di RW 01 meminjamkan lahannya untuk dijadikan Kebun Pangan yang dikelola oleh KWT Kenanga RW 01 , “imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here