Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaMER-C Akui Tak Punya Lab, Lalu Gimana Periksa Sampel Tes Swab? Ini...

MER-C Akui Tak Punya Lab, Lalu Gimana Periksa Sampel Tes Swab? Ini Penjelasannya

BOGOR DAILY- Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee () dr. Sarbini Abdul Murad mengamini pernyataan Menko Polhukam) Mahfud Md yang menyebut tak memiliki laboratorium menyusul pengumuman hasil tes swab Shihab.

Meski demikian, Sarbini mengklaim tes swab yang dilakukan mengikut aturan yang berlaku.Menurut pria yang akrab disapa Ben itu, sampel tes swab milik Rizieq dibawa ke laboratorium di Jakarta yang kredibel.

“Jadi kalau dibilang enggak punya lab, memang kita enggak punya lab, kita akui dan harus dipahami sama semua pihak. Tapi yang kita ambil tes swab itu kita bawa ke lab yang kredibel yang sesuai dengan kemampuan untuk mendeteksi Covid-19,” kata Ben dilansir suara.com

Akan tetapi, Ben enggan menyebut laboratorium mana yang dipercayainya untuk memeriksa sampel swab test Covid-19 milik Rizieq. Oleh sebab itu, Mahfud meminta pihak termasuk Rumah Sakit UMMI Bogor yang merawat Rizieq untuk memberikan keterangan kepada petugas medis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terkait hasil negatif tersebut

Lebih lanjut, Ben mengklaim kalau pelaksanaan tes swab Covid-19 yang dilakukan terhadap Rizieq profesional. Terlebih ia menyebut pelaksanaannya pun sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

ini berpijak pada profesionalisme, kita profesional, kita kerja, sesuai dengan tahapan, langkah-langkah apa yang harus kita lakukan, kan sesuai dengan SOP, sesuai dengan UU, kode etik.”

Mahfud MD sebelumnya mengatakan bahwa hasil negatif Corona Rizieq Shihab yang diklaim harus dipastikan kebenarannya, sebab lembaga medis itu tak terverifikasi dalam data pemerintah.

Menurut Mahfud, berdasarkan catatan pemerintah, tidak terdaftar dalam daftar fasilitas kesehatan atau lembaga medis yang berwenang melakukan tes corona.

“Berdasarkan catatan MER-C itu tidak punya laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan dalam melakukan tes,” kata Mahfud dalam jumpa pers usai rapat, Minggu (29/11/2020).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here