Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaPemprov Jabar Pertimbangkan Opsi Pemilih Dites Covid-19

Pemprov Jabar Pertimbangkan Opsi Pemilih Dites Covid-19

BOGOR DAILY- – Wakil Gubernur Jawa Barat, Ruzhanul Ulum melempar wacana untuk melakukan tes Covid-19 pada para pemilih yang akan menggunakan hak suara mereka di Serentak 2020 yang ada di wilayahnya.

Saat ini sendiri kata , tiga daerah di Jawa Barat yang akan menggelar masuk ke zona merah kerawanan penyebaran Covid-19. Daerah tersebut yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Karawang.

Melihat kondisi ini, menilai perlu ada upaya agar gelaran pencoblosan di TPS pada 2020 tidak menjadi klaster baru.

“Maka ada masukan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk adanya tes bagi mereka yang ingin melaksanakan pencoblosan,” ungkap dalam konferensi pers daring, Senin (30/11/2020).

Sementara terkait dengan teknis pelaksanaannya nanti, mengungkapkan pihaknya masih akan melakukan pengkajian terlebih dahulu. Kemungkinan yang akan dilakukan pengetesan kepada masyarakat yang rentan terpapar yakni di usia 40 tahun ke atas.

“Tapi kami belum bisa memutuskan, olehnya barusan sebagai masukan, ini masih dalam pembahasan secara keputusan nanti minggu depan, karena masih akan dikaji terlebih dahulu,” ungkapnya.

“Ada usulan pengetesan pada usia 40 tahun ke atas, karena mereka cukup rentan, kalau yang 40 tahun ke bawah mereka cukup tangguh,” imbuhnya.

Hingga saat ini, daerah yang masuk kategori zona merah di Jawa Barat masih ada 7 daerah, diantara tiga daerah yang akan menggelar yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Purwakarta, kabupaten dan Kota Bekasi, serta Kota Cimahi.

Sementara untuk saat ini, keterisian tempat tidur mencapai 75 persen, yakni berada diambang batas. Sehingga pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk bisa terus disiplin menerapkan protkol kesehatan.

“Jabar keterisian RS sudah di ambang batas, solusinya penyadaran masyarakat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here